the blogs sitohang

Menyelamatkan Hewan Dari Kepunahan

Posted: June 9th 2016

Kembali lagi bersama sayaaaaa… 🙂 sekarang saya akan membawa kamu ke rencana-aksi dalam upaya konservasi, spesies yang saya ambil adalah salah satu satwa langka kebanggaan Sumatera banget dan kamu pasti mengenalnya, dia adalah warisan alam Indonesia yang saat ini masih tersisa, yaitu….jeng jeng….Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Apa yang bisa kamu, saya, kita semua lakukan untuk satwa liar Indonesia (?) yuk, membaca 🙂

sumatran-tiger

Kita sudah terbiasa mendegar berita tentang perdagangan satwa yang dilindungi, dan itu masih berlangsung sampai sekarang lhoo.. Ini sudah menjadi ancaman serius bagi berbagai spesies langka di Indonesia. Tingginya keuntungan dan rendahnya hukuman membuat perdangangan ilegal memberikan daya tarik bagi para si pelaku.  Awalnya sih manusia melakukan perburuan satwa liar demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya, tapi seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin berkembang perburuan liar dilakukan sebagai hobi maupun kesenangan yang bersifat eksklusif, contohnya nih memelihara satwa liar yang dilindungi sebagai simbol status.

antarafoto-Kulit-Harimau-150812-YM-1

Riau adalah rumah saya tentunya..hehehe 😀 dan rumah bagi sepertiga dari seluruh populasi Harimau Sumatera, provinsi Riau salah satu provinsi yang memiliki kekayaan tertinggi terhadap keanekaragaman satwa liar. Beberapa hal yang membuat perburuan dan perdagangan satwa liar masih terjadi karena lokasi yang strategis mengakibatkan mudahnya akses dan sarana transportasi yang banyak dan beragam bagi si pelaku, serta belum optimalnya pengawasan kasus kejahatan ilegal. Melihat bahaya dari bahaya perdagangan ilegal Harimau Sumatera di Prov. Riau, saya berupaya mengatasi kejahatan tersebut dengan cara bekerjasama dengan Pemerintah Riau dalam mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk pencegahan agar populasi Harimau Sumatera di Riau tidak menurun bahkan tidak punah!

Beberapa upaya kerjasama strategi dan rencana aksi konservasi Harimau Sumatera dalam manangani masalah perdangangan Harimau Sumatera, yaitu :

  1. Kampaye dan publikasi anti perburuan Harimau Sumatera.
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mempertahankan ekosistem alam dan pentingnya konservasi.
  3. Membangun jaringan komunikasi dan kemitraan yang kuat, tingkat nasional maupun internasional.
  4. Memperkuat dasar hukum dan meningkatkan Departemen Kehutanan dan aparat penegak hukum terhadap perdagangan ilegal Harimau Sumatera.
  5. Membangun infrastruktur anti perdagangan Harimau Sumatera untuk menekan laju penyusutan populasi Harimau Sumatera
  6. Membangun dan meningkatkan koneksitas antara habitat-habitat utama Harimau Sumatera, melalui pengembangan koridor dalam rangka memperluas daerah jelajahnya.
  7. Membangun unit-unit perlindungan Harimau Sumatera yang dikelola oleh masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemilik lahan untuk melindungi populasi harimau yang berada diluar kawasan konservasi.

index

images_(14)1

Semoga rencana-aksi kerjasama dengan Pemerintah dan masyarakat setempat dalam mengatasi kejahatan kehidupan liar untuk menyelamatkan Harimau Sumatera dari ancaman kepunahan, terwujud ! and you know, thank you ! 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php