Thompson's

(Akhirnya) DNA Burung Punah bisa didapat dari Telur

Posted: May 27th 2013

Dalam meniliti fosil dari mahluk hidup yang sudah lama punah, biasanya kita mengisolasi dari tulang fosil tersebut. Tetapi bagaimana kalau yang ditemukan adalah cangkang telur dari mahluk hidup bertelur tersebut? DNA memang terdapat dibagian telur, tetapi mengapa para tim peneliti sangat sulit untuk mengisolasi DNA dari cangkang telur tersebut, seperti yang dikutip pada pernyataan  peneliti berikut ini:

“Selama bertahun-tahun para peneliti gagal mengisolasikan DNA dari fosil kulit telur,” kata Charlotte Oskam di Murdoch University di Australia Barat, peneliti tim ini.

Menurut artikel yang dimuat pada www(.)bbcindonesia(.)com dengan judul DNA burung punah bisa didapat dari telur, bahwa para peneliti sudah menemukan cara bagaimana untuk mengisolasi DNA dari cangkang telur. Permasalahan utama mengapa banyak percobaan isolasi DNA dari cangkang telur banyak mengalami kegagalan, yaitu karena teknik yang selama ini digunakan adalah teknik untuk mengisolasi DNA untuk tulang.

Percobaan yang dilakukan oleh riset Royal Society B dilakukan pada spesies burung onta raksasa, dan cara ini juga dapat diterapkan untuk emu dan moa yang sudah punah. Tim tersebut mengatakan bahwa teknik ini memungkinkan para peneliti bisa mempelajari lebih dalam mengenai unggas dan penyebab kepunahan mereka. Setelah mengetahui teknik tersebut para peneliti menemukan bahwa kulit telur satu spesies burung yang telah punah ternyata kaya akan DNA. Tetapi yang sangat disayangkan para peneliti tersebut tidak menyebutkan teknik atau cara yang digunakan untuk mengisolasi DNA cangkang telur.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2010/03/100310_extinctbirddna.shtml

post by: MELINA SCANDINOVITA 1145

5 responses to “(Akhirnya) DNA Burung Punah bisa didapat dari Telur”

1. HENRY WIJAYA says:

Ternyata cara/tekhnik untuk mengisolasi DNA telur dan tulang berbeda, padahal asumsi saya telur dan tulang hampir sama sehingga cara pengisolasiannya sama.
    Artikel ini sangat baik.

2. RUSMA YULITA says:

beritanya menarik ^_^
    yg mau aku tanyain, berapa banyak spesies burung yg telah punah tersebut yg sdh teridentifikasi?

3. debrittows says:

cari sumber yang lain untuk memperdalamnya mel…
    menarik ini mel..
    NUWUN

4. mungkin nanti kita bisa bertemu lagi dengan burung dodo

5. Melina Scandinovita Setiorini says:

burung yang sudah terdefinisi hanya telur burung onta raksasa dan telur emu dan moa.