Lerietta Tatiana Hutauruk

blog12. Ethics, Impacts, and Security :)

Posted: December 4th 2012

Etika adalah  sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral, bisa berfiat benar dan bisa bersifat salah. Kode Etik dapat diartikan sebagai pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional.

Ada beberapa etika , yaitu di antaranya :

1). privasi (sesuatu yang dikumpulkan, disimpan, dan berbagi tentang orang lain)

2). akurasi (sesuatu yang dilakukan untuk untuk menjamin data yang otentik dan akurat)

3). properti (seseorang yang memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana mereka memberi kompensasi )

4). aksesibilitas (seseorang yang dapat mendapat informasi).

 

IT memiliki potensi secara signifikan untuk mengubah suatu hal yang ada dalam organisasi. IT pun memiliki etika dalam bertindak, tidak boleh seenaknya. IT itu sendiri pun membawa dampak bagi kehidupan individual yang menggunakannya. Dampaknya bisa ketakutan dehumanisasi dan kehilangan kontak sosial, beban kerja meningkat dan permintaan untuk keterampilan komputer dapat mengancam, dan aspek-aspek tertentu dari menggunakan komputer dapat merusak fisik.

IT juga membantu dalam kehidupan sosial. Contohnya saja yaitu: perbaikan untuk penyandang cacat, adanya robot yang membantu kehidupan manusia, telecommuting menambah fleksibilitas bagi pekerja dan organisasi, dan lain-lain.

IT harus memiliki keamanan yang sangat ketat, agar tak bisa di hack dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membantu keamanan: individu dan organisasi harus secara aktif membangun mekanisme perlindungan, mencegah kerusakan, mendeteksi ancaman sebelum kerusakan tersebar luas, rencana untuk pemulihan dalam hal terjadi serangan, mengoreksi sistem agar tidak ada perulangan ancaman yang sama, dan lain-lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php