Lerietta Tatiana Hutauruk

blog9. e-Commerce :)

Posted: November 19th 2012

Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.  E-commerce dapat dinilai dari bebearap perspektif, di antaranya yaitu: komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, dan masyarakat.

E-commerce saat ini sangatlah berkembang untuk nkehidupan bisnis. Kemungkinan di zaman yang akan mendatang E-commerce lebih sering dipakai sehingga orang-orang tidak perlu repot pergi ke tempatnya untuk membeli suatu barang. Akan tetapi E-commerce dapat juga disalahgunakan, seperti penipuan. Banyak juga yang ditipu lewat e-commerce ini, penjual berusaha meyakinkan pembeli untuk percaya kepadanya.

Apabila ingin sukses dalam e-commerce ada beberapa hal yang harus diperhatikan, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti diskon, dll.

E-commerce berbeda dengan E-business. E-business adalah definisi yang lebih luas dari e-commerce yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga menyangkut dengan pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan partners bisnis, dan lain-lain.

E-commerce memiliki beberapa tipe, di antaranya yaitu:

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php