Lerietta Tatiana Hutauruk

blog7. Internet, Intranet, dan Extranet :)

Posted: November 12th 2012

Zaman sekarang internet bukanlah hal yang asing. Internet sering digunakan dalam kehidupan sehari, seperti dalam perkantoran, pendidikan, dan lain-lain. Internet (interconnection-networking)  itu sendiri adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Sedangkan Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Internet sangatlah membantu manusia untuk mencari sumber informasi tanpa adanya batasan. Manusia hanya perlu mengetikkan hal apa yang ingin dicarinya. Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet dikenal dengan nama e-commerce.

Akan tetapi banyak juga yang menggunakan internet untuk sebaliknya, yaitu melakukan kejahatan. Internet pun ada tata tertibnya, tata tertib internet disebut Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php