Lerietta Tatiana Hutauruk

blog5.Managing Data and Information

Posted: October 7th 2012

Ya blog 5 ini, saya akan membahas tentang me-manage data organisasi dan informasi. Basic dari data arrangement & access yaitu:

  • Data hierarchy
  • Recall
  • Field
  • Record
  • File
  • Database

 

Apa yang dimaksud dengan field? Field adalah combinasi dari satu atau lebih karakter, unit kecil dari pengguna data access. Terdiri dari field size, field name, dan data type. Data types terdiri dari text, numeric, autonumber, currency, date, memo, yes/no, hyperlink.  Terminologi dari manajemen data yaitu ada entity. atribute, primary key, secondary key.

Orang-orang di zaman modern meletakkan data di dalam database. Ada 2 pilihan yaitu, centralized atau distributed.Centrakized yaitu semua file berada pada satu lokasi fisik yg sama, konsistensi data ditingkatkan dan lebih aman, proses recovery lebih mudah, dan lain-lain. Sedangkan distributed yaitu salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data, berada pada lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna

Database Management system yaitu sebuah set program software yang digunakan untuk mengakses sebuah database.  Database Management System terdiri dari 4 komponen yaitu, Data Model, Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Dictionary. Database Management System pun memiliki banyak keuntungan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php