LEONARDUS.ADY.NUGROHO

KAOS UNTUK MONYET

Posted: December 4th 2014

monyee

MONYET GAUL PERLU PENYELAMATAN

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang salah satu primata lokal kita Indonesia tercinta yaitu MONYET KEDIH. Sekedar mengingatkan lagi takutnya lupa, monyet Kedih adalah primata yang aslinya hanya terdapat di Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Utara. Hewan ini termasuk dalam daftar hewan langka dan nyaris punah. Primata yang memiliki potongan rambut mohawk ini ternyata masih saja akan berakhir pedih, jika tidak ada gerakan dari kita yang dapat menyelamatkan mereka. Maka dari itu aku mau ngajak temen-temen semua untuk berbuat sesuatu untuk selamatkan mereka.

Kalian tau ga temen-temen kalau monyet kedih ini memiliki perilaku yang unik, salah satunya yaitu suara vokal yang kuat dan tiap-tiap kelompok Kedih dapat mengenali anggota kelompok masing-masing dengan suara vokalnya tersebut. Biasanya, pada malam hari sering terdengar suara monyet Kedih yang bersaut-sautan guna mengumpulkan para anggotanya setelah mereka menjelajah area hutan.

Sebenarnya monyet Kedih ini mendapatkan perlindungan hukum berdasarkan UU RI No.5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah RI No.7 Tahun 1999 tentang satwa langka di Indonesia. Namun apa mau di kata, walaupun sudah di lindungi pemerintah tetap saja jumlah populasi dari monyet ini terus menurun karena perburuan dan pangalihfungsian lahan.

Ada ide menarik yang ingin saya sampaikan untuk menyelatkan monyet kedih ini. Kalian tentu ingat dengan ice bucket challenge bukan??? Nah progam yang mau saya lakukan adalah menggunakan konsep seperti permainan itu namun dengan bentuk kaos. Jadi caranya :

1.      Saya akan mengajak LSM untuk merealisasikan program ini.

2.      Kita akan menantang masyarakat untuk mengenakan kaos bergambarkan atau bertuliskan SAVE MONYET KEDIH, bisa juga dengan kreasi lainnya.

3.      Orang yang di tantang harus menunjuk 3 orang lainnya, bisa teman, keluarga, dsb untuk mengenakan kaos yang yang bertemakan menyelamatkan monyet kedih ini.

4.      Begitu pun seterusnya sampai orang berikut-berikutnya.

5.      Kaos bisa disediakan dari saya dan LSM terkait, bisa juga membuat kaos sendiri.

nye

*Contoh kaos yang dapat di gunakan, namun gambarnya diganti dengan gambar atau sketsa monyet kedih itu sendiri (maklum saya gabisa gambar. hahahaha)

Kaos bisa disediakan dari saya dan LSM terkait, bisa juga membuat kaos sendiri. Nah kaos yang kami jual keuntungannya akan di gunakan untuk penyelamatan habitat dari monyet kedih ini. Diharapkan dari program ini timbul kesadaran dari masyarakat sendiri untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama pada monyet kedih ini.

mo

Tidak perlu hal luar biasa untuk menyelamatkan mereka. Cukup hal sederhana namun berkelanjutan itu yang terpenting menurut saya. Semoga tulisan ini bukan hanya sekedar tulisan untuk tugas tapi dapat memberi informasi untuk temen-temen dan masyarakat tentang monyet kedih ini dan tentunya tujuan akhir yang diharapkan adalah monyet kedih ini dapat tetap hidup bahagia sentosa selamalamalamalamalamalamanya. Amin amin amin

t

Terima kasih 🙂

Daftar Pustaka

Anonim. 2014. Monyet Kedih Primata Asli Indonesia. Go Sumatera.

 

6 responses to “KAOS UNTUK MONYET”

  1. stefanicynara1983 says:

    wah,,, wah.. artikelnya… keren banget!! nice idea! monyetnya gaul ya… ahahaha.. oh, ya adit aku mau kasih saran, boleh ga? boleh dong.. jadi sarannya gini, desain kaos kamu itu bagus tapi kata-katanya menurut aku kurang, soalnya kurang spesifik monyetnya monyet apa (kan monyet banyak, lagian gambar monyetnya juga kurang mendeskripsikan monyet kedih, ehehe,, maaf adit), nah saranku, desain kaosnya tulisannya ditambahin, misalnya kaya diatas kepala monyet tulisannya “hi,i’m kedih monkey” (bukan membuat si pemakai ngaku monyet sih, tapi kan lebih spesifik tu lo, kalau ternyata nanti permainan ini se-booming “ice buket challenge”), terus dibawah kepala monyetnya sama kaya desain kamu “save me now” atau yang diatas kepala monyetnya tulisannya “from kedih monkey, they says:” terus bawahnya kepala monyetnya itu(kaos depan bagian bawah) tulisannya “Are you ready to save me?”, mungkin gitu? gimana dit?? ^_^

    • leonardusady says:

      @vika : tengkyu vika., jgn lupa beli kaonya ya buat ikutin challange ini 😀
      @devi : terima kasih dev., sebenernya aku udah tulis di bagian bawah kaos dengan tanda (*) kalau aku kurang bisa disain.. hehe ., terus kan kaosnya bebas bisa dari pihak kami bisa juga buat sendiri sesuai kreasi temen2.. jadi ga terlalu di tentuin gambar dan tulisannya gmn yg penting benar2 jelas konsepna menyelamatkan monyet kedih ini 😀

  2. vika says:

    sangat menarik 😀
    alangkah baiknya jika masyarakat dapat peduli tidak hanya pada saat mengikuti program tersebut namun dapat benar terealisasi keinginanya untuk ikut ambil adil melestarikan monyet kendi 🙂

  3. adeirma says:

    Save monkey!
    Ide menarik!
    Semoga cepat terealisasi yak idenya!~

    Nice Dit 🙂

  4. agungprayogo says:

    sangat sangat menarik…semoga dengan kampanye ini masyarakat dapat lebih peduli terhadap Monyet Kedih

  5. intanmiw says:

    Good job Adit…
    Bagus usahanya buat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap primata yang nyaris punah ini dengan memperkenalkannya dulu kepada masyarakat mengenai si monyet kedih ini dulu dengan aksi chalenge kaos ini.
    Sarannya devi juga bagus, lebih ngena aja rasanya dengan cara begitu.
    Semoga aksinya berhasil dan bisa sampe ke Sumatera sana sebagai habitat dari primata tersebut sehingga penurunan jumlah populasi dari monyet ini karena perburuan dan pangalihfungsian lahan bisa segera berakhir.
    Tentunya aksi seperti ini perlu penggerak yang kuat agar bisa berjalan. Mungkin perlu dipikirkan dulu bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk menarik rasa ingin tahu dan ketertarikan orang-orang terhadap monyet ini.
    Kalau saya jadi orang awam saya perlu hal tersebut yang bisa menarik hati saya, apalagi bagi orang-orang yang tidak suka binatang apalagi monyet.
    Sukses Adit…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php