Action Plan Biokonservasi

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Action Plan for Macaca nigra

Monyet hitam sulawesi (Macaca nigra) atau biasa dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “yaki” merupakan salah satu dari delapan jenis Macaca endemik dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Utara. Monyet hitam sulawesi memiliki tinggi antara 44-60 cm dengan berat 7-15 kg. Monyet ini menjadi unik karena memiliki bulu yang hitam legam dan jambul di bagian kepalanya. Karena keunikannya inilah, monyet hitam sulawesi banyak diburu dan diperdagangkan secara ilegal.

Monyet Hitam Sulawesi
Peta Persebaran Monyet Hitam Sulawesi

Permasalahan utama yang dihadapi untuk monyet hitam sulawesi adalah perburuan liar. Monyet hitam sulawesi banyak diperdagangkan di sejumlah pasar seperti di Minahasa dan Tomohon. Selain karena keunikannya, masyarakat Sulawesi diketahui sangat menyukai daging monyet jenis ini, walaupun pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Daerah yang isinya melarang siapa pun untuk mengkonsumsi daging dari monyet hitam sulawesi, namun karena dinilai sebagai bagian dari tradisi, kebiasaan tersebut sulit untuk dihilangkan. Monyet hitam sulawesi sudah masuk dalam red list IUCN dengan status Critically Endangered

Monyet hitam sulawesi merupakan salah satu primata yang sangat dilingungi oleh pemerintah Indonesia. Terdapat peraturan pemerintah yang menegaskan jika spesies tersebut merupakan spesies yang dilindungi yang tertuang dalam UU RI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Permen LHK No. 20 tahun 2018 tentang Penetapan Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi. Dewasa ini, sudah banyak lembaga-lembaga baik dari pemerintah maupun swasta yang memiliki konsentrasi khusus terhadap kelestarian monyet hitam sulawesi. Pemerintah juga dikabarkan telah bersikap tegas kepada setiap individu yang melanggar peraturan memburu monyet hitam sulawesi.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kepunahan hewan endemik Sulawesi ini. Terdapat beberapa cara yang tercetus oleh penulis untuk membantu upaya pelestarian monyet hitam sulawesi. Media sosial saat ini sangat berdampak besar bagi kehidupan semua makhluk hidup, tak hanya manusia, bahkan hewan dan tumbuhan pun dapat dengan mudah terekspos di media sosial. Hal inilah yang mendasari ide dari penulis untuk melakukan kampanye atau penyuluhan lewat media sosial. Cangkupan dari media sosial dinilai sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan youtube dapat menyebarkan informasi secara global bahkan dalam hitungan detik. Bila konten yang dibuat berupa edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan-hewan langka, tak hanya monyet hitam sulawesi dapat dikemas secara menarik dan tidak membosankan, tak menutup kemungkinan bila informasi tersebut dapat membuka mata khalayak luas tentang kelestarian satwa langka di Indonesia.

Media sosial juga dinilai dapat menjadi jembatan penghubung antara penulis dengan lembaga-lembaga ternama yang memiliki konsentrasi lebih kepada pelestarian hewan langka, baik lembaga nasional maupun internasional. Kerjasama antar lembaga ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas dan memperdalam ilmu tentang satwa langka, seperti contohnya pengadaan sosialisasi ke sekolah-sekolah di sekitar habitat asli monyet hitam sulawesi agar dapat membuka pikiran kaum muda tentang hewan yang hampir punah ini dengan harapan mereka dapat menjadi generasi penerus yang sadar akan pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian satwa maupun fauna endemik Indonesia.

4 comments on “Action Plan for Macaca nigra

    Theresia Ulina

    December 8th, 2020

    keren, lanjutkan!

    Satya Kumara

    December 8th, 2020

    Wahh, idenya sangat bagus memanfaatkan sosial media sebagai media sosialisasi dan kampanye pelestarian monyet hitam Sulawesi 🙏

    levinedrickwibawa

    December 8th, 2020

    sangat menarik upaya yang ingin dilakukan, semoga dapat terlaksana

    mariaregitah

    December 8th, 2020

    mantap ndaru!

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php