laisa.damayanti

Wireless and Mobile

Posted: November 25th 2012

Komunikasi nirkabel adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung dengan konduktor listrik.Teknologi nirkabel yang paling umum menggunakan telekomunikasi nirkabel elektromagnetik, seperti radio. Dengan gelombang radio jarak bisa pendek, seperti beberapa meter untuk remote control televisi, atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer untuk deep-ruang komunikasi radio. Ini meliputi berbagai jenis aplikasi tetap, mobile, dan portabel, termasuk dua arah radio, telepon selular, personal digital assistant (PDA), dan jaringan nirkabel. Contoh lain dari aplikasi teknologi radio nirkabel termasuk unit GPS, pembuka pintu garasi, tikus komputer nirkabel, keyboard dan headset, headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi dan telepon tanpa kabel.Metode yang kurang umum untuk mencapai komunikasi nirkabel .

Handphone telepon

Salah satu contoh yang paling terkenal dari teknologi nirkabel adalah telepon selular, juga dikenal sebagai telepon seluler, dengan lebih dari 4,6 miliar langganan telepon seluler di seluruh dunia pada akhir tahun 2010 [6]. Ponsel ini nirkabel menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan mereka pengguna untuk membuat panggilan telepon dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Mereka dapat digunakan dalam jangkauan dari situs telepon seluler yang digunakan untuk rumah peralatan yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima sinyal radio dari instrumen ini.

Radio

The “nirkabel” istilah datang mulai digunakan masyarakat untuk merujuk ke penerima radio atau transceiver (penerima tujuan ganda dan perangkat pemancar), menetapkan penggunaannya di bidang telegrafi nirkabel awal, sekarang istilah ini digunakan untuk menggambarkan koneksi nirkabel modern seperti seperti pada jaringan selular dan internet broadband nirkabel. Hal ini juga digunakan dalam pengertian umum untuk mengacu pada setiap jenis operasi yang diimplementasikan tanpa menggunakan kabel, seperti “remote control nirkabel” atau “transfer energi nirkabel”, terlepas dari teknologi tertentu (misalnya radio, inframerah, ultrasonik ) yang digunakan. Guglielmo Marconi dan Karl Ferdinand Braun diberikan 1909 Nobel Prize untuk Fisika atas kontribusi mereka terhadap telegrafi nirkabel


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php