laisa.damayanti

TEKNOLOGI INFORMASI DIORGANISASI MODERN

Posted: September 20th 2012

Konsep dasar/fundamental.

Instruktur informasi : Fasilitas layanan dan pengolahan yang mendukung semua komputer sumber daya komputasi disebuah perusahan.

1.Perangkat keras komputer

2.Perangkat linak

3.Fasilitas komunikasi jaringan

4.basis data

5.informasi management personal.

 

 

 

 

 

 

  • Instruktur informasi :

1.Mendefenisikan integrasi,operasi,dokumentasi pemeliharaan dan pengolahan dari sumber

daya komputasi .

2.Mendefenisikan bagaimana sumber daya komputasi  diatur dioperasikan dan dikelola.

  • Arsitektur  informasi (menjabarkan) :

1.Kebutuhan (requitment), apa saja yang dibutugkan perusahaan.

2.Bagaimana kebutuhan bisa terpenuhi b/ bagaimana disusun, perencanaan informasi disebuah perusahaan.

 

Informasi arsitektur memadukan kebutuhan informasi ,insfrastruktur informasi yang tersedia dan ada yang direncanakan, aplikasi dan perangkat lunak.Membantu memastikan bahwa teknologi yang dibutuhkan diperusahaan memiliki strategi.

 

Jenis dari sistem informasi

Gambaran umum  :

1.Transaction procesing system

2.Mengotomatisasi transaksi bisnis harian

3.Mengumpulkan,menyimpan,dan memproses.

4.Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya

5.Cukup komlpeks,rumit

6.Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini.

 

Management sistem informasi

1.Mendukung keoutusan yang diambli secara rutin

2.Mengakses,merata,merangkum dan menampilkan operasi

3.Menekankan pada laporan rutin

4.Menjawab permintaan dan perkiraan trend.

  • Office automation system (OAS)

Semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor /administrasi.

 

  • Defenition support sytem (DSS)

Mendukung keputusan yang bersifat komlpek, non routine dan manajerial.

1.Executif information  system : Mendukung pekerja an  dari higher level managers.

2.Group support : Mendukung pekerjaan dari  orang orang yang  bekerja dalam kelompok.

  • Intellegent support system (ISS)

Sitem pakar menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan disistem bagi pengguna  biasa (non ekspert)

 

  • End-User  computing

Penggunaan atau pengembangan diri dari sistem informasi oleh pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis,manager atau profesional lainnya.

 

 

  • Knowledge management system

Data tidak hanya diolah tapi memberikan knowledge, knowledge selalu membantu permasalahan .

 

  • Data warehousing (gudang data)

Basis data yang dirancang untuk mendukung  DSS dan semua aktifitas yang membutuhkan analisis data, data warehouse tidak boleh dihapus

Mobile computing

                Sistem Informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis diluar area fisik perusahaan,menggunakan teknologi jaringan wireless.

 

 

People support

Top manager

 

             Knowledge workers profesional

 

Midle manager

 

Line managers operation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php