Laboratorium Lukas

Mengunjungi Coworking Space Genius Idea Yogyakarta

Posted: February 5th 2018

Hari ini saya dapat undangan untuk melihat sebuah coworking space baru di Yogyakarta. Coworking space tersebut namanya Genius Idea. Sebelumnya saya sudah mengetahui apa itu coworking space, yaitu kantor bersama yang bisa disewa harian.

Namun kata salah seorang pengelolanya, coworking space tidak hanya sekedar kantor bersama yang bisa disewa harian, melainkan juga wadah bagi para startup untuk berkembang. Sebagai contoh Genius Idea Yogyakarta tidak hanya menyediakan tempat saja namun juga kesempatan untuk mengikuti event-event yang bisa membantu perkembangan para startup nya.

Kesan Pertama Saat Berkunjung ke Genius Idea

Pengelola Genius Idea mengatakan saat ini (awal 2018) Genius Idea adalah coworking space dan office space yang terbesar se Yogyakarta, mereka bahkan memiliki rencana untuk membangun beberapa cabang lagi karena melihat besarnya permintaan yang ada.

Sekilas saya lihat Genius Idea seperti sebuah kantor. Genius Idea Yogyakarta memiliki tempat parkir basement yang muat untuk belasan motor dan 4 mobil. Motor biasanya parkir di basement, sedangkan mobil bisa parkir di basement dan di depan gedung, jadi total mobil yang bisa parkir adalah sekitar 7 buah mobil.

Genius Idea Yogyakarta memiliki 3 lantai. Pada lantai 1 ada 3 ruangan private office dan 2 buah meeting room yang bisa disewa jam-jaman. Kemudian pada lantai 2. ada 4 buah private office, dan 1 ruangan khusus fixed desk. Pada lantai ini terdapat flexible desk yang saya kira-kira bisa memuat 50 orang. Terakhir pada lantai 3 ada 3 buah private office, flexible desk, dan satu ruangan outdoor. Pada saat saya datang, lantai 3 sedang dibangun.

Feeling saya mengatakan bahwa ini adalah sebuah kantor. Tapi bisa disewa harian untuk flexible desk, dan bulanan untuk private office. Pengelola mengatakan bahwa coworking space sejatinya memang didesain untuk membantu perusahaan rintisan (startup) karena biayanya yang terjangkau. Daripada menyewa satu ruko, satu lantai atau bahkan satu gedung yang harganya bisa puluhan hingga ratusan juta, yang harus dibayar setahun, perusahaan kecil bisa menyewa satu ruangan saja mewakili perusahaannya, minimal satu bulan.

Well saya memang belum memiliki minat membuat perusahaan sendiri, namun jika nanti saya memiliki perusahaan sendiri, mungkin suatu hari nanti saya akan menyewa coworking space.

Jika kamu berminat mengunjungi Genius Idea Yogyakarta, kamu bisa ke Jl. Magelang No. 32-34 Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta atau websitenya di Genius Idea.


2 responses to “Mengunjungi Coworking Space Genius Idea Yogyakarta”

  1. Cara Manual says:

    wah bagus juga tempatnya, kira-kira di jakarta ada gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php