120707073

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Posted: December 3rd 2012

PERANGKAT WIRELESS

Perangkat wireless merupakan sebuah alat yang kecil, mudah digunakan/dibawa, memiliki kemampuan mengerjakan berbagai tugas, dan dapat tersambung secara nirkabel dengan Internet maupun perangkat lainnya. Contoh Perangkat wireless adalah HP, PDA, dll.

Perangkat wireless jika ingin berkomunikasi dengan perangkat wireless lainnya membutuhkan WAP, yaitu Wireless Access Protocol. WAP merupakan protocol yang mengijinkan perangkat wireless berlayar kecil dengan bandwitch rendah dan memory kecil untuk mengakses web.

Dalam wireless device (Perangkat wireless) biasanya terdapat microbrowser. Microbrowser adalah browser kecil berukuran mini yang dapat berjalan pada perangkat wireless yang memiliki memory dan bandwitch kecil. i

Terdapat berbagai macam istilah antaralain Footprint yaitu cakupan satelit, Broadcast transmission yaitu untuk bisa menyebarkan informasi ke banyak perangkat, dan propagation delay yaitu rentan waktu yang muncul akibat transmisi yang berjalan.dah banyak microbrowser, contohnya adalah Opera, Safari, dan Firefox.

Dalam jaringan nirkabel juga terdapat pengamanan yang menangani ancaman, 4 ancaman utama ialah jalur akses nakal adalah titik akses tidak sah ke jaringan nirkabel, perang mengemudi yaitu mencari WLAN terdekat saat mengemudi, mengakses data bepergian melalui jaringan nirkabel dan RF (Radio Frequency) Jamming yaitu ketika seseorang atau perangkat sengaja atau tidah sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel. Dan dalam penanggulangannya dapat dilakukan dengan mendeteksi akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler, Blokir SSID anda, Mengenkripsi transmisi nirkabel dengan Wi-Fi Protected Access (WPA), Secara otomatis beralih ke saluran nirkabel yang berbeda ketika ada gangguan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php