120707073

E-Commerce

Posted: November 25th 2012

E-Commerce adalah proses jual beli barang atau jasa melalui jaringan komputer, khususnya internet. E-Commerce dapat didefinisikan dari beberapa prespektif berikut ini. Pertama adalah adanya komunikasi, kedua adalah adanya proses bisnis, ketiga adalah adanya layanan, keempat adalah tersedia dalam bentuk online, kelima adalah terdapar kolaborasi, dan terakhir adalah adanya comunitas.

Infrastruktur EC antaralain common bussines service infrastructure, messaging informations distribution infrastructure, multimedia Content and network publishing infrastructure, network infrastructure, dan interfacing infrastructure. Serta terdapat lima pendukungnya antaralain manusia, kabijakan public, standar teknis protocol, mitra bisnis dan dukungan layanan. E commerce dapat kita fungsikan untuk melakukan pembayaran secara online, membuat kartu kredit elektronik. Keamanan dari proses tersebut seperti sertifikat elektronik, secure socket layer, protocol transaksi elektronik, dan enkripsi yang merupakan proses pembuatan pesan pembaca terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci deskripsi berwenang.

Sebagai contoh penggunaan EC dalam Hotel Raffles ialah ketika kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya untuk memikat pelanggan, menyediakan fasilitas yang lengkap dan kemampuan mengendalikan biaya maka Hotel tersebut menggunakan system B2C atau business to consumer dengan cara menyediakan informasi tentang hotel, menyediakan sistem reservasi, link ke sumber daya wisatawan, manajemen hubungan pelanggan, toko online untuk produk raffles ataupun pengadaan travel tiket pesawat terbang. Selain itu ada juga perusahaan lain yaitu Qantas Airways yang menghadapi masalah kebutuhan bahan bakar meningkat, menghadapi 2 pesaing utama, perlunya penggantian pesawat agar tetap kompetitif dan perekonomian Australia yang melambat. Maka perusahaan tersebut menjalankan solusi dengan menggunakan EC yang melibatkan membeli, menjual, bertukar barang, layanan, infoemasi dan pembayaran elektronik, selain itu mereka juga menerapkan sistim business to bussines dengan membuat E-marketplace member, bergabung dengan Airnew Co-Link maskapai besar dengan pemasok, layanan bahan bakar atau dengan kata lain langganan tetap dan melakukan pemeliharaan, dan juga bergabung dengan 13 perusahaan besar Australia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php