120707073

Internet, Intranet, dan Extranet

Posted: November 10th 2012

Internet adalah jaringan terbesar di dunia yang membuat kita dapat memberi informasi kepada semua orang walaupun tempatnya berbeda dengan memakai standard dan protocol yang terbuka dan tidak ekslusif dalam jaringan yang berhubungan. Proses perkembangan internet dimulai dari tahun 1969 hanya 4 host nodes→1984 lebih dari 1000 host nodes→saat ini (lebih dari 150 juta host nodes).

Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network internet. Pemerintah US juga mengkontribusikan dana kepada beberapa proses primer, infrasturktur internet yang telah diberi oleh penyedia layanan jaringan. Sebagian pihak telah memikirkan internet agar lebih maju, di mana ada internet 2 yang difokuskan untuk tujuan penelitian serta next generation internet yang bertujuan mengembangkan teknologi dan aplikasi internet.

Layanan dalam internet ada berbagai macam. E-mail,web,file transfer,chat, dan masih banyak lagi. Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network back bone internet. Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Jaringan intranet biasa di gunakan untuk menghubungkan computer dalam ruangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php