120707073

Jaringan dan Telekomunikasi

Posted: November 5th 2012

Ada 4 hal yang perlu diketahui dalam telekomunikasi dan network, yaitu:

  • Komponen dasar dari sistem Telecomm
  • Teknologi yang digunakan dalam sistem Telecomm
  • Berbagai cara untuk mengkonfigurasikan jaringan
  • Berbagai cara para pembisnis menggunakan jaringan saat ini

Apa yang dimaksud dengan computer komunikasi?

Komputer kompunikasi adalah sebuah proses dimana sebuah computer device menstransfer data, instruksi dan informasi. Perkembangan teknologi pesat ini banyak yang menggunakan teknologi ini untuk menuju kemajuan .

Teknologi Sinyal Digital maupun Teknologi Sinyal Analog, pada penggunaannya ada yang hanya menggunakan satu teknologi, ada juga yang menggunakan keduanya. Signal yang dimaksud adalah cara komputer berkomunikasi dengan komputer lainnya. Contohnya Analog signal, Digital signal, Twisted-pair wire, Coaxial cable, Fiber-optic cable.

Analog signal adalah Sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan suatu dasar untuk semua bentuk isyarat analog.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Jangkauannya terbatas, contohnya kita berada di kota Yogakarta kita dapat mendengar siaran radio dari Yogakarta tetapi ketika kita di Sumatera contohnya , Padang. Kita tidak dapat lagi mendengar siaran radio dari Yogyakarta. Kelemahannya bisa saja gangguan dari cuaca atau dari kerusakan dalamnya dan bangunan-bangunan tinggi, yang menghambat pemantulan gelombang.

Sistem Telekomunikasi sudah digunakan dalam dunia bisnis untuk menyediakan jaringan, dengan cara pemrosesan terdistribusi memungkinkan komuter di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link Telekomunikasi. Pengolahan jaringan dilakukan melalui client server processing dan Peer-to-peer processing. Didalam telekominikasu juga terdapat berbagai aplikasi yaitu Electronic mail, Video conferencing, Electronic Data Interchange, Transfer Dana Elektronik, Faksimil, Telecommuting, dan Distenc Learning.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php