Boris' Punya

IT = Budak Perusahaan??

Posted: September 24th 2012

IT adalah budak Perusahaan?? Tentu saja tidak. IT bukanlah budak perusahaan. IT justru sebagai alat pendorong perusahaan dewasa ini. Kok bisa??? Check it out!!!

Well, banyak banget alat yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap maju serta modern. Alat-alat apa sih itu?? Yang pasti adalah computer hardware, computer software, network and communication facilities, database, serta IS.

IS (Information System) adalah salah satu system dari IT. Inilah system yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk bantuin mereka berhubungan antar departemen maupun antar perusahaan. Hebatnya lagi, IS sangat dibutuhkan oleh perusahaan mulai dari front office hingga kantor bos. Semakin ke atas tingkatan suatu perusahaan, semakin rumit pula IS yang dibutuhkan. Bahkan IS ini sangat flexible dan bisa disesuaikan menurut kebutuhan perusahaan.

IT sangat membantu perusahaan dalam PDKT dengan customernya. Caranya?? Dengan bantuan IS, perusahaan bisa buat suatu system yang bisa ngirim ucapan selamat ulang tahun ke customernya. Itu contoh simpelnya. Bahkan yang lebih rumit, costumer dapat pesan segala sesuatu dari perusahaan tanpa perlu datang jauh-jauh ke perusahaan itu.

Konsep fundamental suatu IT dalam perusahaan dapat dibagi menjadi 2, yaitu Information Infrastructure dan Information Architecture. Information Infrastructure dapat berupa barang yang kelihatan atau fisiknya, contohnya gedungnya, jaringan antar computer, dan lain-lain. Kalau Information Architecture lebih berupa barang tak terlihatnya, yaitu sistem-sistemnya yang sangat detail.

So, IT beneran bantuin perusahaan kan?? Bukan sebagai budak tapi lebih sebagai alat pendorong. Emang kadang IT bisa cost tinggi bagi perusahaan, tapi kalau IT bisa bantuin sampai jauh ke depan, bukannya costnya malah berbalik jadi profit??


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php