Ftbjog

“Borneo merintih !! #SelamatkanSiHijauKalimantanBarat #PribumiTakLagiJagaBumi”

Posted: December 7th 2016

Selama Orde Baru berkuasa, pembangunan sektor kehutanan lebih banyak dalam bentuk eksploitasi untuk mendukung industri ketimbang konservasi. Dengan perspektif pertumbuhan ekonomi, maka masuknya modal-modal besar dalam bentuk investasi menjadi syarat utama. Salah satunya adalah dengan cara menarik masuk para investor perkebunan untuk menanamkan modalnya melalui pembukaan dan ekspansi besar-besaran disektor perkebunan.

Anggapan investasi kelapa sawit sangat menguntungkan daerah dan masyarakat, tentu tidak salah apabila nilai hutan dan keberagaman nilai ekonomi potensial masyarakat yang hilang tidak diperhitungkan. Berbagai kebijakan yang di keluarkan pemerintah tersebut mengakibatkan hutan Kalimantan Barat setiap hari mengalami deforestasi dengan laju kerusakan pertahun mencapai 2,1 juta ha/tahun dan diperkirakan akan habis pada tahun 2010 (Data Dephut 2002).

Selain lahan yang telah dijadikan perkebunan sawit, kita juga perlu memperhatikan kebakaran hutan. Kebakaran hutan yang menyebabkan kita kehilangan berbagai macam spesies tanaman dan hewan. Selain itu juga kabut asap yang menyebar dimana-dimana sdcara perlahan dapat membunuh kita manusia sebagai wujud kemaran Sang Alam.

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Mari bersama melakukan langkah kecil sebagai aksi mu menyelamatkan paru-paru dunia di Kalimantan Barat, aksi yang akan saya lakukan : Mendirikan komunitas peduli lingkungan dan sekitarnya dimulai dari lingkungan rumah dan berkejasama dengan RT agar mudah mensosialisasikan dan merealisasikan kegiatan. Kegiatan yang dilakukan mulai dari gotong royong rutin agar lingkungan terawat dengan baik, kegiatan bersama ibu-ibu komplek untuk membuat kerajinan atau sesuatu yang bermanfaat lainnya dari barang bekas dan dapat dipasarkan dan memiliki nilai ekonomi yang lumayan yang selain memberi pemasukan untuk KAS ibu-ibu, KAS komplek dan mengurangi barang bekas yang tidak dimanfaatkan, selain itu  membangun rumah khusus untuk melestarikan kantong semar tumbuhan khas kalimantan yang sudah hampir punah.

Selain aksi diatas, saya juga akan bekerjasama dengan WALHI, organisasi yang bertujuan untuk terhentikannya perluasan perkebunan kelapa sawit dan pertambangan skala besar di Kalimantan Barat, dan mengajak anak usia dini untuk peduli dengan lingkungan sekitar dengan menanam pohon.


2 responses to ““Borneo merintih !! #SelamatkanSiHijauKalimantanBarat #PribumiTakLagiJagaBumi””

  1. ghita1541 says:

    jadi untuk melestarikan hutan dengan mensoasialisasikan serta merelasasikan kegiatan gotong royong. contoh kegiatan gotong royong seperti apa yang akan kamu lakukan? serta apa hubungan dari kegiatan kerajinan ibu ibu pada barang bekas dengan konservasi hutan ?

    • kristiyundatania says:

      jadi langkah kecil untuk mencintai lingkungan dapat dilakukan dini mulai dari lingkungan sekitar kita seperti membersihkan selokan, memanglas tanaman yang merugikan, membakar sampah. kerajinan tangan dari ibu-ibu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas seperti kantong plastik, botol bekas yang sebenarnya bisa diolah dan bernilai ekonomi tinggi serta tidak merusak lingkungan sekitar merupakan wujud menintai lingkungan dan secara tidak langsung juga membantu konservasi hutan misalnya uang dari penjualan tersebut dapat didonasikan untuk kegiatan konservasi hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php