My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 11 – Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Posted: November 29th 2012

Yang termasuk perangkat teknologi wireless yaitu PDA, telepon selular, smart phones. Yang termasuk teknologi wireless yaitu Microbrowser, Pager, dll. Media transmisi wireless yaitu Microwave Transmision Systems (Point-to-Point), Satellite Transmision (juga merupakan jenis-jenis orbit : Geostationary (GEO), Medium-earth-orbit (MEO), Low-earth-orbit (LEO)), Footprint, Broadcast Transmision, dan Propagation Delay.

Jenis teknologi wireless lainnya : GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit yang menentukan posisi pengguna. Internet over Satellite (IOS) adalah akses Internet melalui satelit GEO dari piring yang dipasang di bagian sisi rumah. Salah satu teknologi wireless lainnya yaitu Radio. Jenis-jenis radio antara lain : Radio Transmision, Satelitte Radio (Digital Radio), Infrared.

Standar IEEE untuk jaringan komputer nirkabel termasuk IEEE 802.15 (Bluetooth) dan 802.15.4 (Zigbee), IEEE 802.11 (Wi-Fi), IEEE 802.16 (Wi-Max), IEEE 802,20 (diusulkan). Bluetooth untuk membuat PAN’s kecil. PAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Zigbee target aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah.

Masalah-masalah yang dihadapi oleh Wi-Fi antara lain roaming (tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan Wi-Fi yang berbeda layanan jaringan), security (karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk dilindungi), dan cost (komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis).

Mobile Computing, 2 karakteristik utama yaitu mobility (menciptakan lima nilai tambah atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu yaitu Ubiquity, Kenyamanan, Konektivitas instan, Personalisasi, Lokalisasi produk dan jasa) dan broad reach. Mobile Commerce (M-commerce) mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui Internet. Apliaksinya : Layanan Financial, Mobile Banking, Wireless Sistem Pembayaran Elektronik, Micropayments, Mobile (Wireless), dan Wireless Pembayaran Bill. Aplikasi Intrabusiness antara lain : Mobile dan Voice Portal. Aplikasi Location-based antara lain : Shopping from Wireless Devices, Location-based Advertising, dan Location-based Services. Wireless Telemedicine (Telemedicine), aplikasinya : menyimpan dan mentransfer gambar digital, videoconference pasien dalam satu lokasi untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di lain lokasi secara real time, menggunakan robot untuk melakukan operasi jarak jauh. Aplikasi Telemetry (Telemetry).

Aplikasi Mobile Computing lainnya yaitu Pervasive Computing, Radio Frequency Identification. Wireless Sensor Networks (WSN) adalah jaringan yang saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes (mengumpulkan data dari banyak titik di ruang diperpanjang ) yang ditempatkan ke dalam lingkungan fisik.

Keamanan wireless, 4 anacaman utama : Rogue Access Point, War Driving, Eavesdropping, dan RF (Radio Frequency) Jamming. Berikut solusi yang diterapkan untuk menghindari ancaman :

  • Mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler.
  • Blokir SSID.
  • Mengenkripsi transmisi nirkabel dengan Wi-Fi Protected Access (WPA).
  • User akan tahu siapa yang menggunakan jaringan dan apa yang mereka lakukan di atasnya.
  • Secara otomatis beralih ke saluran nirkabel yang berbeda ketika ada gangguan.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Resume Minggu 10 - Electronic Commerce (E-Commerce / EC)

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php