My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 10 – Electronic Commerce (E-Commerce / EC)

Posted: November 23rd 2012

Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. EC dimulai pada tahun 1970-an dan awalnya hanya untuk perusahaan. Ruang lingkup EC yaitu periklanan, perbankan, toko elektronik dan mal, saham, pekerjaan, lelang, kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia, dan layanan pelanggan. Konsep EC antara lain : Tradisional Commerce (Organisasi Brick and Mortar), Pure EC, dan Partial EC. E-business sedikit lebih luas dari EC, tidak terbatas hanya pada transaksi penjualan dan pembelian.

Jenis-jenis EC : Business-to-business EC (B2B), Collaborative commerce (c-commerce), Business-to-consumer EC (B2C), Consumer-to-businesses (C2B), Consumer-to-consumer (C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizens (G2C), Mobile commerce (m-commerce), dll. EC didukung oleh infrastruktur (hardware, software, dan jaringan) dan 5 hal ini (Orang, Kebijakan Publik, Teknis Standar dan Protokol, Mitra Bisnis, dan Layanan Dukungan).

Mekanisme pembayaran elektronik yaitu dengan pemeriksaan elektronik, kartu kredit elektronik, elektronik kas di PC, pembayaran dengan e-cash, smart card, pembayaran orang ke orang, Electronic FundsĀ  Transfer (EFT), dompet elektronik, pembelian kartu, dsb. Keamanan EC adalah dengan enkripsi, sertifikat elektronik, Secure Socket Layer (SSL), Secure Electronic Transaction Protocol (SET).

Berikut beberapa perusahaan yang memanfaatkan EC yaitu Hotel Raffles dengan masalah bagaimana mensukseskan perusahaan untuk memikat pelanggan dan mengendalikan biaya. EC memberikan solusi dengan portal publik yang mencakup informasi tentang hotel, sistem reservasi, link ke sumber daya wisatawan, Program Customer Relationship Management (CRM), toko online untuk produk Raffles. Perusahaan berikutnya adalah Qantas Airways dengan masalahnya :

  • Biaya bahan bakar yang meningkat ditekankan pada industri penerbangan.
  • Qantas menghadapi dua pesaing utama dan biaya tinggi di Sydney Airport.
  • Lalu lintas udara berkurang setelah kejadian 11 September.
  • Qantas dibutuhkan untuk mengganti pesawat agar tetap kompetitif.
  • Perekonomian Australia melambat.

Dan solusi yang diberikan EC adalah :

  • Membeli kontrak bahan bakar untuk tanggal ke depan (respon tradisional).
  • Mengambil langkah-langkah utama untuk menerapkan EC yang melibatkan : pembelian, penjualan, dan bertukar barang, layanan, informasi, dan pembayaran secara elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php