My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 09 – Fungsional, Enterprise, dan Sistem Interorganisasi

Posted: November 14th 2012

Sistem Informasi Fungsional merupakan Sistem Informasi yang dibangun untuk membangun sebuah fungsional dari perusahaan. Pada masa lalu, Sistem Informasi dibangun hanya untuk fungsionalitasnya dan diimplementasikan secara independen. Sistem ini mendukung antar organisasi yang memiliki keterkaitan. Sistem Informasi Fungsional terdiri dari:

  • Management Information System (MIS)

Digunakan manager untuk keperluan tertentu, seperti: meminta report pendapatan suatu produk, penjadwalan, termasuk data internal, tidak hanya data eksternal (data konsumen).

  • Transaction Processing System (TPS)

Transaksi bisa bermacam-macam, tidak hanya pembelian dan penjualan. Termasuk performa karyawan. Sistem melakukan pencatatan transaksi. TPS tidak boleh bocor dan menampung data yang sangat banyak sehingga TPS menjadi sangat penting. Beberapa karakteristik TPS yaitu: volume besar, sumber data sebagian eksternal dan output sebagian besar untuk pengguna internal, detil, data harus akurat, berintegrasi, dan keamanan tinggi, membutuhkan kehandalan, dll.

Beberapa metode transaksi pengolahan yaitu:

  • Batch Processing: proses lebih sederhana dan biayanya murah.
  • Online Processsing: proses kompleks dan biaya mahal. Sifatnya begitu data masuk langsung diproses.
  • Hybrid Processing: proses sederhana, biaya murah, dan lebih akurat. Sifatnya data diproses langsung dan akan diproses langsung. Contoh: pembayaran e-bay melalui kartu kredit akan langsung dieksekusi.

Sistem Akuntansi dan Keuangan menyangkut perencanaan keuangan (keuangan dan peramalan ekonomi) dan penganggaran (belanja), manajemen investasi (akses ke laporan keuangan dan ekonomi, analisis keuangan), dan kontrol keuangan (kontrol anggaran, audit, analisis kesehatan keuangan, analisis profibilitas dan pengendalian biaya).

Sistem pemasaran dan penjualan, yang termasuk didalamnya: Distribution Channel, Other Channel Systems, Customer Service, Telemarketing, Marketing Management. Selain itu terdapat etika dan isu sosial dalam IT yang mendukung kegiatan penjualan (pengumpulan dan penggunaan informasi, keprihatinan privasi) dan tren saat ini Customer Relationship Management (CRM) (fokus pada pengembangan hubungan satu-satu dengan pelanggan.

Sistem Produksi dan Operasi Manajemen, menyangkut tentang: Logistik dan Manajemen Material (Manajemen Logistik, Manajemen Inventarisasi, dan Pengendalian Kualitas), Perencanaan Produksi / Operasi (Persyaratan Perencanaan Bahan; MRP II, Just-In-Time, Manajemen Projek (PERT &  CPM), Penjadwalan Jangka Pendek)), Desain Kerja Otomatis dan Manufaktur (Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Manufacturing (CAM), Computer Integrated Manufacturing (CIM)).

Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, menyangkut tentang: pengerahan, Pemeliharaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Manajemen dan Perencanaan Sumber Daya Manusia.

Sistem Informasi Terintegrasi, alasannya karena secara fungsionalitas Sistem Informasi berkekurangan informasi yang dibutuhkan, berbeda komunikasi secara efektif, dan pemasukan data secara manual. Cara mengintegrasikan Sistem Informasi Terintegrasi: menghubungkan sistem yang ada, menggunakan rantai  pasokan manajemen perangkat lunak, dan menggunakan perencanaan sumber daya perangkat lunak perusahaan.

Interorganizational Information Systems (IOS) adalah sistem elektronik yang melibatkan arus informasi antara dua atau lebih organisasi dalam hubungan on-going. Jenisnya antara lain Sistem Global, Electronic Data Interchange (EDI), Electronic Funds Transfer (EFT), Extranets, Database Bersama, Pesan Terintegrasi. Permasalahan IOS dan desain global Sistem Informasi adalah perbedaan budaya, perbedaan ekonomi dan politik, keprihatinan lintas-perbatasan transfer data, dsb.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Resume Minggu 08 - Internet, Intranet, dan Extranet

Go to post

Resume Minggu 10 - Electronic Commerce (E-Commerce / EC)

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php