My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 08 – Internet, Intranet, dan Extranet

Posted: November 6th 2012

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung sesuai infrastrukturnya untuk bertukar / berbagi informasi antar pengguna dengan pengguna, pengguna dengan vendor / provider. Informasi tersebut didasarisemangat untuk saling berbagi. Semua orang menginginkan kebebasan membagi informasi tetapi kebebasan tersebut tidak mutlak.

Internet menyediakan layanan penerimaan komunikasi dan informasi, serta World Wide Web. Aplikasi-aplikasi yang disediakan Internet antara lain: E-mail, Web, File Transfer, Chat, Message Board, Instant Messaging.

Internet akan terus berkembang, inisiatifnya Internet2, Next Generation Internet (NGI), dsb. Internet memerlukan penyedia yang berbeda ditiap negara untuk setiap pengguna. Internet melakukan operasi-operasi yang mengatur (identifikasi IP / TCP) dan mentransmisikan data. Memiliki banyak nama domain untuk bidang tertentu dan untuk mengaksesnya dapat dilakukan dengan menghubungkan melalui LAN Server, Serial Line Internet Protocol / Point Protocol (SLIP / PPP) atau dengan sebuah layanan online AOL / MSN.

World Wide Web sebagai sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi Internet transportasi sehingga memungkinkan berbagai macam aplikasi untuk bisnis, termasuk intranet dan extranet. Komponen-komponen dari World Wide Web yaitu: Home Page, Web Site, Hyperlinks, Webmaster, Uniform Resource Locator (URL), Hypertext Transport Protocol (HTTP), Browsers, Offline Browsers, Search Engines, Metasearch Engines, dsb. Delapan tipe dasar website yaitu: Portal, News, Informational, Business / Marketing, Educational, Entertainment, Advocacy, dan Personal. Selanjutnya tentang World Wide Web adalah Information Filters, Clipping Services, Personalized Web Services, Web Authoring (untuk halaman dan desain situs) yaitu Standar HTML adalah standar umum, CompuServe Graphics Interchange Format (GIF)  dan Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format umum file grafis, Browser.

Banyak tantangan ada ketika menggunakan WWW:

  • Teknologi Baru, apakah aplikasi yang diterapkan dapat dengan cepat digunakan pengguna
  • Pengguna Internet

Bagaimana mengendalikan konten yang bersifat SARA. Pengendalian terhadap penyalahgunaan regulasi.

  • Ekspansi Internet

Perkembangan Internet yang luar biasa menyebabkan kemacetan sehingga menjadi sangat lambat (membutuhkan peningkatan bandwidth), juga perlu peningkatan teknologi hardware dan manajemen software Web.

  • Internet Privacy

Website mengumpulkan info dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna sehingga menimbulkan ketidakamanan data dan membongkar privasi pengguna. Dalam hal ini transaksi keuangan juga menjadi tidak aman.

Intranets menggunakan jaringan-jaringan dan protokol yang sama dengan Internet secara lokal. Intranets biasanya terhubung dengan Internet.

Extranets adalah jaringan yang memungkinkan pihak luar mengambil informasi yang diizinkan pihak dalam. Karena diizinkan akses maka diperlukan security untuk mencegah penyalahgunaan akses. Seperti pengamanan dengan Virtual Private Networks (VPN) (panel khusus untuk komunikasi dua perusahaan dan juga berbagi informasi). bukan jaringan yang komersial tetapi dengan Extranets akan menghasilkan info yang lebih bagus karena tidak melibatkan pihak ketiga.

Aplikasi lain yang berbasis Web yaitu: Enterprise Information Portals, Mobile Internet, dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php