My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 07 – Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 30th 2012

Yang termasuk komponen dari sistem telekomunikasi: (1) Perangkat Keras (Komunikasi Processor), yang digunakan dalam transmisi dan penerimaan data: modem, multiplex, dan front-end processor, (2) Media, (3) Jaringan, (4) Perangkat Lunak, (5) Penyedia Komunikasi Data, (6) Protokol, (7) Aplikasi. Sinyal telekomunikasi antara lain: Sinyal analog dan Sinyal Digital. Jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem telekomunikasi: kawat twised pair (kawat telepon), kabel coaxial, kabel fiber-optic, microwave, satellite, dan radio. Media komunikasi bekerja dengan: kecepatan transmisi, mode transmisi, dan ketepatan transmisi. Yang menyediakan teknologi telekomunikasi dan layanan untuk komunikasi data adalah operator telekomunikasi. Layanan telekomunikasi antara lain: jalur switched, jalur khusus, Wide-Area Telecomm Service (WATS), Integrated Services Digital Network (ISDN), Digital Subscriber Lines (DSL), dan Tmnet-Streamix.

Jaringan adalah perangkat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.

  • Local Area Network / LAN (jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan berbagi sumber daya, menggunakan topologi, dapat dihubungkan melalui bridges, dapat dihubungkan ke jaringan eksternal melalui gateway).
  • Wide Area Networks / WAN (jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas, layanan disediakan oleh operator umum, internet publik WAN, value-added networks (VAN) – private; data-satunya jaringan yang dikelola oleh pihak ketiga; diakses melalui langganan, virtual private network (VPN) –gerbang aman antara sistem perusahaan dan Internet.

Komunikasi perangkat lunak jaringan, komponen-komponennya antara lain: sistem operasi jaringan, manajemen perangkat lunak jaringan, dan protokol. Jenis protokol antara lain: Ethernet, Transmision Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). Data Transmisi Pilihan untuk meningkatkan kinerja jaringan Packet-switching, Frame relay, Fiber Distributed Data Interface (FDDI), Asynchronous Transfer Mode (ATM), Teknologi Switched Hub, Synchronous Optical Network (SONET), Sistem T-carrier.

Cara untuk mengatur pemrosesan jaringan berusaha menyediakan jaringan waktu respon yang baik dan ketersediaan jaringan dan memproses secara terdistribusi komputer di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link telekomunikasi, seperti: pengolahan terminal-to-host, pengolahan file server, dan pengolahan dan arsitektur client / server. Terdapat 4 strategi pengolahan jaringan yaitu pengolahan client / server, pengolahan peer-to-peer, open system, dan enterprise-wide network.

Cara untuk memanfaatkan jaringan dalam bisnis saat ini dengan menerapkan aplikasi-aplikasi berikut, contoh: Electronic Mail (pesan berbasis komputer), Videoconferencing (pertemuan kelompok antara lokasi yang terpisah), Electronic Data Interchange (elektronik transmisi transaksi bisnis rutin), Electronic Funds Transfer (elektronik pengolahan transaksi keuangan), Facsimiles (pengiriman dokumen elektronik), Telecommuting (bekerja di rumah melalui link telekomunikasi), Distance Learning (kelas yang ditawarkan pada waktu yang sama / tempat yang berbeda, atau waktu yang berbeda / tempat yang berbeda), Telematik, dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php