My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 05 – Perangkat Lunak Komputer

Posted: September 28th 2012

Resume Minggu 05

Perangkat Lunak (Software) Komputer

            Perkembangan harus cepat karena selalu berkembang dan terus berkembang. Hal ini disebabkan karena kebutuhan bisnis. Apabila software tidak berkembang maka perusahaan tidak akan jadi maksimal. Hal ini dibuktikan dengan perusahaan yang selalu update IT / IS-nya selalu lebih maju dari perusahaan lainnya. Selain software yang baru yang lama juga dipelihara. Peningkatan kompleksitas menyebabkan “Bugs” (kesalahan program). Pengujian dan “debugging” (mencari kesalahan program memakan waktu dan mahal.  Dasar dari software:

  • Computer Programs
  • Stored Program Concept
  • Programming (lebih ke aktivitas memprogram)
  • Programmers (lebih ke orangnya yaitu yang membuat program)
  • Systems Software

Segala sesuatu pada komputer dikontrol dan tidak terikat pada aplikasi. Di dalam Systems Software dibagi lagi menjadi 2, yaitu:

  • Sistem Operasi Komputer

Layanan Sistem Operasi Komputer:

–          Proses Management

Multitasking (mengelola 1 atau lebih tugas pada 1 komputer yang sama),Multireading, Timesharing, Multiprocessing (1 tugas dikerjakan oleh banyak CPU), Virtual Memory, File Management and Security, Fault Tolerance (ada error ditolerir sehingga aplikasi tetap dapat berjalan), dan User Interface

–          Tipe-tipe Sistem Operasi ada 3 yaitu: Major Desktop Operating Systems, Departmental Server Operating Systems, dan Enterprise Operating Systems.

  • Sistem Pendukung Program

Mendukung operasi, manajemen, dan pengguna sistem komputer. Contohnya: Systems Utilities, kinerja monitor, keamanan monitor, dll.

  • Application Software

Aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Jenis-jenisnya:

  • Proprietary Application Software. Biayanya mahal, tergantung pada berat programnya.
  • Off-the-self Application Software. Jenis ini yang mendukung jenis umum pengolahan.

Masalah Software terdiri dari evaluasi dan seleksi Software. Faktor seleksi antara lain: ukuran dan lokasi dari pengguna utama, alat sistem administrasi, biaya awal dan biaya selanjutnya, kemampuan sistem saat ini dan selanjutnya, lingkungan komputasi yang tersedia, dan keterampilan teknik in-house. Dan evaluasi Software antara lain: Lisensi Software, Upgrade Software, Open Systems, dan Open Source Software.

Bahasa pemrograman menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan petunjuk komputer. Bahasa komputer / bahasa pemrograman yang selalu berkembang dari generasi ke generasi untuk manusia agar komputer melakukan perintah yang diinputkan manusia.

Organisasi mencari solusi perusahaan Software yang luas untuk menyediakan sistem organisasi terpadu. Software pada komputer yang mengelola semua operasi organisasi. Diperlukan tekanan kompetitif dalam perubahan prosedur organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php