My Blog Kristina Natalia ^^

Resume Minggu 04 – Perangkat Keras Komputer

Posted: September 21st 2012

Peran Dasar dan Fungsi CPU

Terdapat 2 komponen utama dari Motherboard yaitu Central Processing Unit (CPU) dan Memory. Seluruh komponen CPU terpasang pada Motherboard. Motherboard adalah papan sirkuit utama dalam sistem unit. Berisi adapter cards, processor chips, dan memory chips. Juga disebut papan sistem.

CPU-lah yang melakukan segala perintah akan apa yang komputer lakukan. Komponen-komponen CPU antara lain: Processor, Memory, Adapter Cards (Sound Card, Modem Card, Video Card, dan Network Card), Ports, Drive Bays, dan Power Supply. Terdapat Microprosesor yang mengeksekusi perintah, komponen Microposesor antara lain: Control Unit (yang berfungsi menafsirkan instruksi dengan bahasa yang berbeda), Arithmetic Logic Unit (ALU), Registers, dan Primary Storage. Jenis-jenis Primary Storage antara lain:

  • Register: Berada pada processor. Berfungsi untuk menyimpan data-data pada processor.
  • Random Access Memory (RAM): Bersifat volatile, artinya bila tidak ada daya (komputer direstart) maka data akan hilang.
  • Cache Memory: Lebih cepar dari RAM. Berfungsi sebagai penyimpan intermediasi antara penyimpanan secondary dan RAM.
  • Read Only Memory (ROM): Bersifat non-volatile, artinya: bila tidak ada daya maka data masih tersimpan.

Secondary Memory merupakan memory non-volatile, berkapasitas besar, lebih murah dari Penyimpanan Primary tetapi lebih lambat dari Penyimpanan Primary, dan merupakan media magnetik dan optikal.

Tren perangkat keras karena selalu berkembang teknologinya maka harganya juga semakin murah. Perkembangannya: bentuknya semakin kecil, lebih cepat, lebih murah, dan chips yang powerful dari generasi ke generasi.

Hirarki komputer berdasarkan penggunaannya dari masa ke masa dan digunakan untuk apa? Diklasifikasikan berdasarkan kekuatan prosesnya, yakni: Supercomputers (digunakan NASA untuk komputasi yang rumit (komputasi luar angkasa)), Mainframes, Midrange, Workstations, Microcomputers, dan Computing Appliances.

Perangkat input komputer (pemasukan data atau perintah ke dalam komputer agar komputer melakukan apa yang user inginkan) terbagi 2 orientasi, yaitu:  Orientasi Manusia (Keyboard, Mice / trackball, Touch screens, Stylus, Joystick, Microphone) dan Otomatis (ATMs, POSs, Optical Scanners, Voice recognition, Sensors, Cameras).

Perangkat output komputer (hasil / keluaran yang diproses yang menghasilkan informasi). Contoh perangkatnya: monitor, printer, speaker, dsb. Contoh hasil output: text, graphics, audio, video.

Hal yang harus diperhatikan dalam membeli perangkat keras terkait kebutuhan dan kepada siapa perangkat tersebut akan digunakan, antara lain:

  • Produktivitas

Apakah sebanding? Apakah terjadi peningkatan signifikan setelah perubahan / pergantian perangkat keras?

  • Mengubah Style Cara Bekerja

Apakah perubahan perangkat keras tersebut memberikan keuntungan?

  • Produk dan Layanan Baru

Apakah organisasi / karyawan bisa memakai atau terbiasa memakai perangkat keras baru tersebut? Dan apakah bermanfaat bagi bisnis tersebut?

  • Meningkatkan Komunikasi

Apakah perubahan memberikan peningkatan efisiensi untuk organisasi?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php