Memaknai Kembali Ideologi

Nah, kali ini kita akan mulai menengok bagaimana memahami suatu makna di balik istilah bahasa yang digunakan dalam kehidupan masyarakat kita yang dewasa ini.

Ideologi. Kata ini belakangan mulai ramai diperbincangkan karena isu PKI, Komunis, Sosialis dijadikan alat jual kampanye oleh segelintir orang berwajah garang. Mereka meneriakan penolakan terhadap aliran pemikiran yang katanya Ideologi Timur itu. Itu bukan Ideologi sayang, itu hanya paham. Paham adalah Isme. Sedangkan Ideologi adalah Sandaran Keyakinan berdasarkan pemikiran.

Continue reading

Semakin Berpengetahuan Semakin Bahagia

Penderitaan datang dari kekhawatiran, kekhawatiran datang dari ketidak-pastian dan ketidak-tahuan. Ketidak-tahuan adalah kata sifat negatif dari kata tahu. Kata benda tahu adalah Pengetahuan. Sama halnya dengan rasa takut seseorang terhadap kegelapan. Hal itu disebabkan bahwa ia tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang ada di dalam kegelapan tersebut.

Ini menunjukkan bahwa satu-satunya yang dapat menghantarkan manusia pada kebahagiaan adalah Pengetahuan. Dengan pemahaman ini tidak saja seseorang akan menjadi semakin mencintai kecerdasan dan pengetahuan, ia juga akan semakin bersemangat untuk memahami dan mengenali dirinya. Sebab, secara tidak langsung pengetahuan yang didapatkan atau dipahami oleh seseorang akan membentuk kejiwaan dan karakter orang tersebut. Ini juga akan membuat manusia semakin mengedepankan penemuan solusi dari setiap permasalahan yang ia hadapi dalam kehidupan. Bukankah mereka yang menyerah dari kehidupan dikarenakan tidak adanya semangat untuk menjalani kehidupan ini? Tidak punya harapan dan tidak punya kejelasan tentang masa depan?

Continue reading