Efek Gaming Disorder yang Dirasakan Anak

Efek gaming disorder yang dirasakan anak – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebagian besar anak sangat senang bermain game online, termasuk dengan game online perang. Hal ini dikarenakan bermain game online sangat menyenangkan. Namun, bila anak menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game, bahkan mengabaikan segalanya, maka Anda sebagai orang tua haruslah waspada.

Hal ini bisa jadi merupakan tanda bahwa anak Anda sedang terkena gaming disorder. Gaming disorder ini ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengontrol waktu bermainnya. Akibatnya, anak akan lebih mengutamakan game online jika dibandingkan dengan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Studi menunjukkan bahwa gaming disorder ini memang hanya terjadi pada sebagian kecil individu yang bermain game online. Namun, orang tua perlu memperhatikan jumlah waktu yang dihabiskan anak untuk bermain game online.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kesehatan fisik, paikologis, dan interaksi sosialnya. Penderita dari gaming disorder ini akan menujukkan ciri-cirinya selama 12 bulan.

Tidak Bisa Mengontrol Kebiasaan Bermain Game Online

Efek gaming disorder yang pertama adalah dimana anak tidak bisa mengontrol kebiasaannya dalam bermain game online. Dimana anak akan sulit untuk berhenti bermain, dan merasa terus ingin bermain game online. Selain itu, anak akan merasa sedih hingga cepat marah jika waktu bermainnya dihentikan.

Memprioritaskan Bermain Game Online Dari Pada Kegiatan Lainnya

Ketika anak lebih memilih untuk bermain game online dari pada melakukan hal menyenangkan lainnya seperti bermain dengan teman bahkan lupa akan makan, maka bisa dipastikan bahwa anak Anda memang sedang menunjukkan ciri-ciri terjangkig gaming disorder.

Terus Bermain Game Meski Ada Efek Negatifnya

Ciri terakhir jika seorang anak sedang terjangkit gaming disorder ini adalah dimana anak akan terus bermain game meskipun sebenarnya mengetahui akan efek negatif yang bisa dihasilkan.

Berdasarkan penelitian, gaming disorder ini juga bisa terjadi secara bersamaan dengan gangguan mood lainnya seperti depresi, tertekan, hingga cemas yang tidak beralasan. Selain itu, anak yang terjangkit gaming disorder ini akan lebih rentan mengalami obesitas, insomnia, bahkan masalah kesehatan lainnya dikarenakan tidak aktif secara fisik.

Dapatkan lebih banyak lagi mengenai permainan game online terbaik yang bisa menghibur Anda dalam bermainnya seperti game slot online.

Inilah beberapa efek gaming disorder yang bisa Anda pahami berikut dengan ciri-cirinya. Selalu pantau perkembangan anak Anda, terlebih jika anak sering bermain game online.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.