Bayu Suryana Putra

Software

Posted: October 8th 2012

Software pada komputer, perkembangan software dalam dunia teknologi sangat lambat dibandingkan dengan perkembangan hardware, dikarenakan perkembangan yang sangat cepat sehingga software komputer tak bisa mengikuti dan juga ketika software itu telah dibuat terkadang proses untuk mengetes hasil kerja software tersebut sangat memakan waktu dan mahal.

Software sistem terbagi menjadi dua, yaitu Sistem Kontrol Program dan Sistem Support Program. Sistem Kontrol Program berfungsi untuk mengontrol kegunaan dari seluruh sumber komputer (hardware, softwar, dan data). Sedangkan sistem support program mendukung kemampuaan dari sistem control program itu sendiri.

Sistem Kontrol Program terbagi menjadi :

  1. Sistem Operasi, sistem operasi disini berfungsi untuk mengawasi keseluruhan kerja dari komputer komputer, menentukan penggunaan Central Prosesor Unit dan memori utama untuk menjalankan sebuah program dari komputer, selain itu sistem operasi juga menyediakan jalur hubungan antara pengguna dan hardware.
  2. Management proses.  Dari namanya saja kita dapat mengetahui bahwa sistem operasi juga berfungsi untuk management proses. Proses-proses yang dapat diatur tersebut, yaitu Multitasking (mengatur dua atau lebih tugas, atau program yang berjalan di komputer), Multithereading (mengatur dua atau lebih tugas dalam aplikasi yang sama secara simultan), Timesharing (dapat menghubungkan banyak pengguna dari CPU yang sama tetapi berbeda terminal input ataupun aoutput), Multiprocessing (memproses secara simultan dengan pengguna CPUyang berbeda)
  3. Virtual Memory. Menampilkan lebih dari memori
  4. File management and Security. Mengatur susunan dari, mengakses ke, file ke memori sekunder.
  5. Fault Tolerence. Sistem dapat mentolerir setiap kesalahan dalam software dan masih tetap dapat mengasilkan sebuah hasil walaupun didalam program tersebut terdapat eror program.

Tipe dari Sistem Operasi terdiri dari Sistem Operasi utama, Departmental Server Operating Systems, Enterprise Operating Systems.  , dan sistem operasi yang dapat diubah oleh lebih dari milyaran orang per hari. Sistem Operasi utama itu seperi MS-DOS, Windows 95, Windows 98, Windows XP, dll. Departmental Server Operating Systems atau sistem operasi yang dapat digunakan atau diubah oleh banyak orang contohnya seperti LINUX, Windows 2000, dll. Enterprise Operating Systems atau sistem operasi yang dapat diubah oleh lebih dari milyaran orang per hari, contohnya seperti IBM’s OS/390, IBM’s VM, IBM’s VSE (Virtual Storage Extended), dll.

Sistem Support Sistem adalah sistem yang berfungsi untuk mendukung operasi, management, dan pengguna dari sebuah sistem omputer. Contohnya seperti :

  1.  System Utilities, sistem ini berfungsi untuk menentukan lokasi dari sebuah file, mengatur pengguaan memori, membuat direktori, dll.
  2. Performance monitors, berfungsi untuk memproses job monitor, memproses sebuah hasil dari penggunaan sumber sistem. Seperti penggunaan “task manager”.
  3. Security Memory, menjaga sistem komputer dan hasil tersebut dari perusakan.

Dan dalam software komputer ada juga disebut dengan software aplikasi, software aplikasi adalah software khusu yang bekerja secara spesifi untuk suatu tugas, sepeeti aplikasi adobe, windows media player, corel, dll. Tipe-tipe dari aplikasi software itu sendiri yaitu untuk mangatur data, multimedia, kmunikasi, presentasi, dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php