Riski Mario Johanes Parhusip

E-Commerce

Posted: November 19th 2012

E-Commerce

 

Electronic Commerce atau disingkat CE mengelolah proses pembelian, penjualan, transfer, atau perangkat produk, layanan/informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet atau online.

Tipe-tipe dari E-Commerce :

  1. Bisnis ke bisnis (B2B)
  2. Bisnis ke konsumen (B2C)
  3. Konsumen ke konsumen (C2C)
  4. Pemerintah ke masyarakat (G2C)
  5. Intrabisnis commerce
  6. Mobile commerce (m-commerce)

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menemukan WorldWideWeb web browser dan mengubah jaringan telekomunikasi akademik ke dalam sistem komunikasi orang umum sehari-hari di seluruh dunia yang disebut internet / www. Perusahaan komersial di internet sangat dilarang oleh NSF hingga 1991.

 

Electronic marketplace

Dimana ada pertukaran barang yang hanya melayani transaksi secara virtual dan tidak memiliki toko nyata .

 

E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga :

1.         Pelayanan pelanggan

2 .         Bekerja sama dengan mitra bisnis
E-Commerce dapat dibagi menjadi :

-E-tailing

-Electronic Data Interchange (EDI)

-Murni vs Partial EC

 

Manfaat dari E-Commerce

  1. Akses ke sejumlah besar produk dan jasa dalam waktu 24 jam sehari.
  2. Dengan mudah dan nyaman memberikan layanan informasi, serta berbagai produk ke orang-orang di kota, di desa dan di berbagai negara berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php