KHRIZ

Mengapa Kita Jatuh Cinta, Kimia Cinta

Posted: September 11th 2019

Mengapa Kita Jatuh Cinta, Kimia Cinta

pasangan

Cinta! Tidak diketahui dan dirindukan! Ketika seseorang jatuh cinta dengan orang lain dan bahwa cinta itu berbalas, hidup menjadi warna yang lebih menyenangkan, sensasi itu lebih menyenangkan dan yang menyakitkan sebelumnya, sekarang memberi lebih setara. Realitas menjadi lebih indah di mata kita dan orang yang mencuri hati kita, hanya … itu  luar biasa! Mengapa kita jatuh cinta? Apa yang membuat jantung Anda berdetak untuk satu orang dan bukan untuk orang lain?

Kimia murni!

Orang-orang bersifat kimiawi dan otak kita memiliki cara kerja yang aneh ketika jatuh cinta. Sains mampu memberi makna pada cinta, yang walaupun kurang romantis dari yang Anda bayangkan, sebenarnya dapat membantu Anda memahami mengapa Anda jatuh cinta dan bagaimana Anda melakukannya. Cinta berhubungan dengan kadar serotonin yang hilang ketika  otak dipenuhi dengan dopamin ketika itu dengan orang tertentu.

Orang-orang mungkin merasakan obsesi tertentu terhadap orang-orang, karena karena naiknya dopamin itu, otak merasa ‘kecanduan’ kepada orang itu. Itu membutuhkan lebih banyak kehadiran Anda karena itu membuat kami merasa baik dan kami ingin merasakan ini selama mungkin.

Pemisahan dopamin terjadi oleh kelangsungan hidup … karena evolusi manusia, tidak dapat dihindari untuk mencari seseorang untuk berkembang biak dan bahwa spesies manusia dapat terus tumbuh. Beberapa orang berpikir bahwa kita hanya jatuh cinta untuk melakukan hubungan seks dan memiliki anak-anak … Walaupun itu tidak terjadi, otak kita yang paling primitif adalah apa yang ingin dicapai. Dopamin membuat kita lebih bahagia dan juga menghasilkan phenylethylamine, yang berada di belakang daya tarik seksual …  Meskipun keinginan muncul berkat testosteron dan estrogen.

Bagaimana kamu jatuh cinta

Ketika seseorang jatuh cinta semuanya dimulai di korteks serebral, maka sistem endokrin mulai beraksi dan ada respons fisik dan kimia (seperti yang telah kami katakan di atas, berkat pemisahan dopamin dalam hipotalamus).

Pertama, ketertarikan fisik tertentu dirasakan dan kemudian ada daya tarik bagi orang tersebut. Kegilaan muncul hampir entah dari mana ketika diduga ada timbal balik,  yaitu, orang lain juga merasakan hal yang sama bagi kita.

Jatuh cinta memiliki gejala, apakah Anda ingin mengetahuinya?

  • Berkeringat
  • Irama jantung lebih dipercepat
  • Keinginan untuk penyatuan fisik
  • Keinginan untuk timbal balik
  • Takut ditolak
  • Pikiran terhadap orang lain berulang-ulang
  • Kurang konsentrasi
  • Saraf di hadapan orang lain
  • Idealisasi orang lain

Juga, ketika seseorang jatuh cinta mereka merasakan euforia alami tertentu ketika mereka bersama orang lain berkat phenylethylamine …  dengan mempertimbangkan genetika dan naluri prokreasi dan pelestarian spesies manusia.

Mengapa kamu jatuh cinta

Pertanyaan ini telah ditanyakan oleh banyak penyair dan seniman sepanjang sejarah umat manusia. Satu jawaban cenderung bahwa cinta antara dua orang muncul ketika ada daya tarik tertentu dan faktor-faktor yang sesuai dan keadaan sosial diberikan sehingga  gairah antara  individu cukup kuat untuk muncul.

Dengan kata lain, tampaknya bintang-bintang harus disejajarkan sehingga dua orang jatuh cinta … tetapi pada kenyataannya tidak seperti itu! Ketika cinta bersifat timbal balik, itu adalah hal terindah yang bisa terjadi, meskipun ketika itu tidak dibalas, rasa sakitnya bisa sangat hebat.

KESAMAAN

Biasanya, agar ada ketertarikan di antara dua orang sebelum jatuh cinta, pasti ada beberapa faktor. Faktor-faktor ini adalah sebagai berikut:

  • Kesamaan dalam kepercayaan,  ciri-ciri kepribadian dan cara berpikir.
  • Kedekatan,  ini bisa dengan menghabiskan banyak waktu berbicara, bersama, tinggal di dekat … berbagi pengalaman secara rutin.
  • Karakteristik yang diinginkan di lain  . Ini berfokus pada penampilan fisik eksternal yang dianggap diinginkan dan juga, tetapi pada tingkat lebih rendah, bahwa kepribadian juga diinginkan.
  • Saling  cinta    ketika orang lain merasa tertarik kepada Anda atau menyukai Anda, itu dapat meningkatkan selera Anda.

PENGARUH SOSIAL DAN PERUSAHAAN

Ada juga dua faktor penting yang mempengaruhi setelah faktor di atas memberi ‘positif’ antara dua orang:

  • Pengaruh sosial  Penyatuan potensial yang memenuhi norma sosial umum, serta penerimaan potensi penyatuan dalam jejaring sosial tempat mereka berada, dapat berkontribusi pada orang yang jatuh cinta. Sebaliknya, persatuan yang tidak memenuhi norma sosial umum atau yang tidak diterima oleh jejaring sosial seseorang dapat membuat orang jatuh cinta.
  • Perlu bersama orang lain. Jika seseorang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, cinta, seks atau prokreasi, ada kemungkinan lebih besar bahwa orang lain jatuh cinta padanya.

PRIVASI DAN KONEKSI

Ada faktor-faktor lain yang juga diperlukan agar cinta antara dua orang itu nyata dan penuh gairah … bukannya menjadi lebih persahabatan daripada cinta dalam suatu hubungan. Faktor-faktor ini adalah:

  • Kegembiraan dan keanehan. Berada di lingkungan yang tidak biasa atau menarik dapat membangkitkan gairah, bahkan jika lingkungan itu dianggap berbahaya atau menakutkan.
  • Tanda-tanda spesifik  Salah satu ciri khas yang lain dapat menyebabkan daya tarik yang sangat kuat (misalnya, bagian-bagian tubuh atau wajah Anda).
  • Ketergantungan. Semakin Anda ingin berada dalam suatu hubungan, semakin rendah harga diri Anda dan semakin besar kemungkinan Anda untuk jatuh cinta.
  • Pribadi. Menghabiskan waktu sendirian dengan orang lain juga dapat berkontribusi untuk pengembangan gairah.
  • Misteri. Jika ada beberapa misteri seputar orang lain dan ketidakpastian tentang apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain, menanyakan kapan kontak akan dimulai juga dapat berkontribusi pada gairah.

Pengalaman hidup bersama juga akan membuat orang mulai merasakan emosi yang berbeda satu sama lain. Cinta bisa tak terduga, kimia otak tidak dikendalikan oleh apa yang tidak bisa dikontrol oleh siapa kita jatuh cinta.

beranda

Kenali Gejala-Gejala Gugup Saraf


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php