KHRIZ

Cara Meningkatkan Kolesterol HDL

Posted: June 11th 2019

Cara Meningkatkan Kolesterol HDL

kolesterol jahat

Untuk meningkatkan kolesterol HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik, kita perlu meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan lemak baik seperti alpukat, kacang tanah, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon dan sarden.

Kolesterol  HDL menghilangkan molekul lemak dari darah, yang ketika mereka menumpuk dapat menciptakan masalah seperti aterosklerosis dan serangan jantung. Dengan demikian, kadar HDL yang disarankan selalu di atas 40 mg / dL untuk pria dan wanita.

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kolesterol baik

Untuk meningkatkan konsentrasi kolesterol HDL dalam darah seseorang harus mengkonsumsi makanan yang kaya lemak baik, seperti:

  • Ikan berlemak  seperti salmon, sarden dan tuna karena kaya akan omega-3;
  • Biji seperti chia  , biji rami dan bunga matahari, karena mereka juga merupakan sumber alami omega-3, selain kaya serat;
  • Minyak  –  buah bantalan seperti  sebagai kacang mete, kacang Brasil, kacang tanah, kacang-kacangan dan almond;
  • Alpukat dan minyak zaitun  , karena kaya akan lemak tak jenuh, yang membantu kolesterol.

Pedoman penting lainnya adalah meningkatkan aktivitas fisik, mulai berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, karena membantu mengendalikan berat badan, mengatur produksi kolesterol, dan merangsang penurunan lemak. 

Gejala kolesterol HDL rendah

Kolesterol HDL rendah tidak menghasilkan gejala apa pun sebagai tanda peringatan, tetapi ada kemungkinan untuk menduga bahwa kadar kolesterol Anda rendah jika ada faktor-faktor seperti: lemak perut yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik yang teratur, dan konsumsi makanan berlebih yang kaya lemak jahat. seperti makanan yang digoreng, makanan cepat saji, sosis, biskuit isi dan makanan siap saji beku.

Dalam kasus ini, disarankan untuk pergi ke dokter dan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol, memulai pengobatan yang tepat jika perlu. Secara umum, setelah mengikuti rekomendasi dokter dan ahli gizi, setelah sekitar 3 bulan tes harus diulangi dan nilai kolesterol seharusnya sudah turun atau kembali normal. 

Apa yang menyebabkan kolesterol HDL rendah

HDL mungkin rendah karena faktor genetik yang mempengaruhi produksi mereka oleh hati, dan karena kebiasaan hidup yang buruk, seperti kurang gerak, pola makan yang buruk, kelebihan berat badan, memiliki trigliserida tinggi, merokok dan menggunakan obat-obatan yang menghasilkan hormon, seperti kortikosteroid.

Anak-anak dengan kolesterol HDL rendah biasanya memiliki riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga atau kelebihan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi gula dan tidak melakukan aktivitas fisik apa pun. Dalam hal ini, tes darah untuk kolesterol harus dilakukan sejak usia 2 tahun. 

Risiko kolesterol HDL rendah

Ketika kolesterol baik rendah, dengan nilai kurang dari 40 mg / dL, ada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular karena meningkatkan risiko penumpukan lemak di pembuluh darah, mengganggu aliran darah normal dan dapat menyebabkan masalah seperti sebagai:

  • Infark miokard akut;
  • Trombosis vena dalam;
  • Penyakit arteri;
  • Stroke (stroke).

Risiko komplikasi HDL rendah lebih besar pada individu yang juga memiliki kolesterol LDL dan VLDL yang tinggi, dan ketika ada masalah kesehatan lainnya, seperti kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, merokok, dan diabetes. Dalam situasi ini, menyeimbangkan kadar kolesterol bahkan lebih penting.

beranda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php