Kezia Putri

Data Knowledge and Decision Support

Posted: December 1st 2012

Fungsi Manager : mengelola, mengolah, membuat keputusan akan apa yang harus dilakukan selanjutnya, supaya organisasi perusahaan bisa berjalan dengan lebih baik.

  • Interpersonal roles : setiap individu mempunyai cara yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan (bagaimana figurnya dan cara seseorang memimpin suatu perusahaan).
  • Informational roles : meneliti informasi yang ada, bagaimana informasi yang ada bisa disebarkan.
  • Decisional roles : membuat suatu keputusan yang berbeda satu sama lain.

Manager membutuhkan Sistem Informasi untuk mengelola, menyebarkan, dan menganalisa informasi, karena tidak mungkin semua data akan diperiksa satu per satu oleh Manager.

Data Warehouse → Data Maining → Knowledge → hasil keputusan Manager. Untuk dapat menghasilkan knowledge, sumbernya bisa didapat dari mana saja.

Cara pengumpulan data :

  • Secara manual : informasi didapatkan secara langsung (melalui wawancara, angket ataupun kuisioner).
  • Instrumen dan sensor : alat bantu yang bisa mentrigger suatu data.
  • Scanning : misalkan melalui barcode, sehingga bisa didapat ID dan harga barang

Karakteristik data yang berkualitas antara lain :

  • Akurat : informasi yang diberikan tidak mungkin salah.
  • Aman : bebas dari penyusupan/manipulasi.
  • Relevan : sesuai dengan apa yang sedang diproses/dikerjakan/dibutuhkan.
  • Timely : terkini, data yang palingbaru/update.
  • Complete : isinya harus “penuh”, datanya lengkap.
  • Konsisten : ketika saat itu diakses, pada waktu yang selanjutnya jika akan diakses kembali, maka datanya akan tetap sama isinya, tidak berubah-ubah.

 

Beberapa istilah yang ada :

  • Data storage : media penyimpanan data.
  • Business intelligence : suatu sistem cerdas yang terkait dengan bisnis, yangakan menggali data dan menghasilkan suatu perkiraan pada suatu proses bisnis, dan tidak terpaku pada satu proses, tetapi banyak proses.

Model data :

  • Iconic models : ada replika sistem secara fisik (misalnya replika mobil dengan skala yang lebih kecil).
  • Analog models : membuat sistem yang mirip seperti sistem yang nyata.
  • Mathematical models : hasil yang akan didapatkan, jadi yang diinginkan adalah hasilnya serupa.
  • Mental models : bagaimana seseorang bisa menggambarkan situasi yang sedang terjadi (tergantung persepsi dari masing-masing orang).

Management Science Models :

  • Mendefinisikan permasalahan
  • Mengklasifikasi permasalahan pada acuan standar
  • Membuat model matematisnya
  • Membuat solusi yang mungkin
  • Memilih salah satu solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah

Executive Information Systems : Sistem nformasi yang eksklusif.

Ciri-cirinya :

  • antar muka
  • sifatnya hanya menvisualisasikan suatu data
  • umumnya terkoneksi pada suatu layanan online (sistem bisa diakses di mana saja)
  • akses data yang sangat cepat

Kemampuan :

  • Bisa mengakses sampai ke data inti
  • Sistem memiliki kemampuan untuk menganalisa indikator kunci
  • Bisa menganalisa trend
  • Bisa menganalisa suatu sub sistem
  • Membuat suatu reporting
  • Membuat akses web/mobile

Group Decision Support Systems

  • Kemampuan untuk bisa berdiskusi pada suatu sistem
  • Membuat suatu virtual tim

Online Analytical Processing : data akan diproses dan dianalisa secara online menggunakan internet.

  • Terintegrasi, bisa diakses di mana saja.
  • Adanya kalkulasi yang kompleks.
  • Adanya beragam tools yang bisa digunakan untuk menganalisa data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php