Kezia Putri

IT Ethical Issues

Posted: November 10th 2012

Suatu TI pasti memiliki kewenangan yang dimiliki oleh setiap orang yang menggunakannya, sehingga informasi tetap terjaga (apakah data tersebut bisa dilihat oleh orang yang berhak atau semua orang bisa melihatnya).

Etika : hal yang disepakati berkaitan dengan benar atau tidaknya hal itu dilakukan (sopan/tidak sopan hal itu dilakukan). Etika terbentuk dari suatu aturan yang dipersepsikan oleh beberapa masyarakat.

Tipe etika :

  • Privacy : bagaimana suatu informasi bisa didapatkan, disimpan, dan kemudian dibagikan
  • Accuracy : keakuratan suatu data/keaslian dari suatu data (apakah informasi yang disebarkan berasal dari sumber yang benar)
  • Property : batas kekayaan intelektual/HAKI, berkaitan dengan copyright  (menuliskan nama penulisnya, memberikan kompensasi yang benar dan layak)
  • Accessbility : jika tidak mempunyai hak untuk mengakses suatu informasi, maka informasi tersebut jangan diakses.

Electronic Surveillance

  • Bagaimana suatu informasi yang diakses bisa dimonitor/diawasi, menjamin informasi bisa terjaga dengan baik
  • Supaya informasi hanya bisa dilihat oleh orang yang berhak
  • Informasi tidak boleh digunakan untuk hal-hal lain

Trade Secret : informasi yang hanya dimiliki oleh satu orang saja

Patent : menemukan suatu penemuan dengan jangka waktu hak milik 20 tahun

Copyright : membuat suatu kreasi denganjangka waktu hak milik 50 tahun

Berhubungan dengan IT

  • Struktur organisasi bisa berubah, karena bisa membuat struktur menjadi rata
  • Dengan adanya penyederhanaan struktur, aliran informasi bisa menjadi lebih cepat
  • Orang-orang bisa melakukan akses informasi di mana saja

IT dan Pekerjaan

  • Pekerjaan bisa diubah dengan menggunakan kecanggihan IT (membantu supaya pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dikerjakan)
  • Sangat berguna di berbagai bidang, di antaranya travel agents (contoh : pemesanan tiket secara online)

IT dan Individu

  • IT bisa mengurangi seseorang berinteraksi dengan lingkungannya/cenderung bekerja sendiri, tidak membutuhkan bantuan orang lain.

Unintentional threats

  • Berasal dari pihak lain (Human error, tidak mneggunakan informasi dengan benar, menyalahi aturan)
  • Adanya bencana alam
  • Kesalahan yang ditimbulkan komputer itu sendiri

Intentional threats

  • Adanya serangan dari hacker/cracker

Cara pencegahannya

  • Hak akses dengan menggunakan finger prints (sidik jari pengguna)
  • Face detection
  • Melakukan suatu duplikasi /cadangan terhadap informasi/data

Melindungi IT secara fisik :

  • Server tersebut terletak pada suatu lokasi tertentu yang khusus diketahui oleh admin
  • Memberikan hak akses pada suatu sistem hanya bagi orang-orang yang berhak
  • Memproteksi data
  • Memiliki strategi kontrol
  • Melakukan verivikasi

Cara untuk melindungi jaringan :

  • Memastikan orang yang masuk adalah orang yang memiliki jaringan/akses
  • Melakukan enskripsi pada data
  • Memantau penyusup
  • Mencengah supaya orang-orang dari pihak luar/yang tidak berkepentingan tidak bisa merusaknya
  • Mengundang orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php