Kefin Pudi Blogs

Bab 8 – Internet, Intranets Dan Extranets

Posted: December 8th 2013

Sudah tidak diragukan lagi bahwa komunikasi dan jaringan antar komputer sangatlah penting. Pada zaman ini internet merupakan sebuah mode umum yang menjadi hal biasa bagi kehidupan orang-orang, terutama bagi kebutuhan IT. Krusialnya pengamanan informasi serta pertukaran data membuat internet begitu penting dan diwajibkan ada untuk semua komputer. Tetapi memiliki jaringan internet tidak berarti sebuah sistem akan selalu aman, karena di setiap sistem ada celah dan pastinya sebuah resiko akan mempengaruhi kestabilan suatu sistem tersebut.

Internet

(kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

Sumber definisi diatas : http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Intinya Internet merupakan sebuah jaringan besar yang tidak terlihat (secara maya) yang menghubungkan banyak sekali komputer dan dikendalikan oleh berbagai network sistem serta memiliki TCP (protokol) sebagi standar pertukaran paketnya.

Sejarah Internet

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Infrastruktur Internet

-Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet
-Pemerintah US berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer
-Infrastruktur Internet  di sediakan oleh penyedia layanan jaringan
-Koneksi antara dan aliran informasi antara backbone providers  bersifat terbuka dan gratis

Masa depan internet

-Internet2
Kolaborasi  lebih dari 180 universitas di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan dan tercanggih untuk riset dan pembelajaran
Merupakan Grup dari jaringan dengan bandwidt sangat tinggi pada Internet.
juga Kerja sama antara universitas, industi, dan pemerintahan.
-Next Generation Internet (NGI)

Merupakan gerakan pemerintah federal untuk pengembangan internet yang lebih maju.

Operasi Internet
*Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols):
  -Internet protocol (IP)
  -Transport control protocol (TCP)
-Internet adalah  packet-switching network
*Pesan di dekomposisi menjadi paket, mengandung bagian dari pesan, plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer,   serta bagaimana paket terelasi dengan paket lainnya
  -Packet berjalan secara independen dan bisa  melalui rute yg berbeda
  -Packet di susun kembali menjadi pesan yang diterima oleh komputer
Layanan internet
-E-mail – electronic messaging
-USENET newsgroups – forum yg mengumpulkan grup pesan dari pengguna berdasarkan teman umum
-LISTSERV – distributes email messages to all subscribers
-Chatting – live, interactive, written conversations based on topic groups
-Instant messaging – instant text messaging between Internet users
-Telnet – user on one computer doing work on another computer
-Internet telephony – conducting voice conversations over the Internet
-Internet fax – real time document transmittal
-Streaming audio and video

World Wide Web

Merupakan sebuah sistem yg menggunakan fungsi  Internet transport dengan standart universal  untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via  client/server architecture.
Sistem ini berdasarkan  HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web untuk menangani text, hypermedia, graphics, dan sound.
Intranet
adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.Extranets

Merupakan perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers.
Biasa memberikan akses mudah pada  informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php