Kefin Pudi Blogs

Bab 14 – Implementasi IT: Etika, dampak, dan keamanan

Posted: December 8th 2013
Etika adalah kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan yang tidak.
*Code Etik– prinsip yg menuntun anggota dari organisasi
*Tipe Etika
  -Privasi –  apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain
  -Accuracy – Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data
  -Property – Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya
  -Accessibility – siapa yg bisa mengakses informasi
Privasi
*Privasi informasi – hak untuk menentukan apakah informasi pribadi bisa dibagikan ke orang lain
*Electronic surveillance – Penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah
*Penyimpanan informasi pribadi di db:
  -Apa yg disimpan?  Bagaimana memastikan keakurasiannya?  Siapa yg akan memperoleh informasi tersebut?  Bagaimana informasi tsb akan digunakan?
Hak kekayaan intelektual
-Properti intangible yg diciptakan seseorang/perusahaan, dilindungi oleh hukum
  *Trade secret – intellectual work – tidak public  (coca cola, kfc)
  *Patent –hak eksklusif untuk penemuan (inovasi teknologi) yang diberikan kepada penemu selama 20 tahun
  *Copyright /hak cipta– Pecipta dari kekayaan intelektual diberikan hak kepemilikan seumur hidup + 50 tahun terkait dengan penggunaanya.  Software secara umum memiliki copyrighted.
IT and Organizations
-IT memiliki potensi untuk mengubah sebuah organisasi.
  *Perubahan Structures organisasi
  *Bekerja jarak jauh (remote)
IT and Jobs
-Beberapa pekerjaan akan tereliminasi, khususnya perantara (e.g., travel agents)
-Banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang
-Kemampuan IT menjadi persyaratan
IT and Individuals
-Dehumanisasi, kehilangan kontak sosial
-Peningkatan beban kerja dan permintaan akan kemampuan komputer
-Penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan
IT and Society
-Beberapa berpendapat IT meningkatkan kualitas hidup
  *Membantu penyandang cacat
  *Meningkatkan health care system
  *Meningkatkan informasi konsumen
  *Robots berperan pada situasi berbahaya
  *Menekan angka kejahatan
-Fokus pada kesenjangan antara masyarakat yg menggunakan IT dan tidak
-Komunitas Internet menyediakan kontak sosial untuk orang dengan ketertarikan yg sama
-Telecommuting menambah fleksibiltais bagi karyawan dan perusahaan
Kejahatan Komputer
-Computer sering menjadi target dari aktivitas kriminal
-Metode serangan:
  *Gangguan terhadap data
  *Program yg menipu
     •Viruses
     •denial-of-service attack (DoS attack)  banyak menyerang  e-commerce web sites
Protecting IT
-Perusahaan dan individu harus aktif membangun mekanisme perlindungan
  *Mencegah kerusakan
  *Mendeteksi ancaman sebelum kerusakan menyebar
  *Membatasi kerugian dari ancaman
  *Merencanakan tahap recovery bila terjadi serangan
  *Memperbaiki sistem agar tidak terulang lagi
-Pencegahan bencana dan Recovery Plans
  *Organisasi harus memikir bagaimana penanganan terhadap bencana
  *Key people harus mengetahui tindakan yg harus diambil bila terjadi bencana
  *Disaster plans harus diuji melalui pelatihan
  *Prosedure back-up adalah komponen utama
  *Disiplin menjadi kunci utama dalam implementasi protection plans (how often do you back up your hard drive?)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php