mario22

PTI

Posted: November 4th 2012

E-Commerce

 

E-Commerce (EC) Sejarah dan Ruang Lingkup

Sejarah :

  • Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
  • Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
  • Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

Termasuk Hari lingkup

  • pengiklanan
  • rumah perbankan
  • berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
  • membeli saham
  • mencari pekerjaan
  • melakukan lelang
  • berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
  • menyediakan layanan pelanggan

EC Definisi & Konsep

  • Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
  • EC didefinisikan dari perspektif ini

ü  komunikasi

ü  proses bisnis

ü  layanan

ü  online

ü  kolaborasi

ü  masyarakat

  • Pure EC: semua dimensi adalah digital

ü  Murni secara online (maya) organisasi

ü  Baru-ekonomi organisasi

ü  Menjual produk atau jasa hanya online

  • Partial EC: campuran dimensi digital dan fisik

ü  Klik-dan-mortir organisasi

ü  Melakukan kegiatan EC

ü  Apakah bisnis utama mereka di dunia fisik

EC vs E-bisnis

  • E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga

ü  pelayanan pelanggan

ü  Bekerja sama dengan mitra bisnis

ü  Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi

ü  Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

Jenis E-Commerce

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Kolaborasi commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Konsumen-ke-bisnis (C2B)
  • Konsumen-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
  • Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
  • Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Marketplaces

  • Pasar memfasilitasi pertukaran

ü  informasi

ü  barang

ü  layanan

ü  pembayaran

  • Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi

ü  pembeli

ü  penjual

ü  pasar perantara

ü  Masyarakat pada umumnya

Pasar Elektronik vs Inter-organisasi Sistem?

E-markets

  • Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar

ü  barang

ü  layanan

ü  uang

ü  informasi

Inter-organisasi Sistem Informasi (IOS)

  • Antara dua atau lebih organisasi

ü  Rutin pemrosesan transaksi

ü  Arus informasi

Kerangka E-Commerce

  • EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan

ü  orang-orang

ü  kebijakan publik

ü  Standar teknis dan protokol

ü  mitra bisnis

ü  Dukungan layanan

Persyaratan Electronic Commerce

  • Infrastruktur – hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi
  • Pembayaran Elektronik Mekanisme
    • Pemeriksaan Elektronik

ü  Nasabah membuka rekening dengan bank

ü  pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital

ü  pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual

  • Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
    • Elektronik Kartu kredit

ü  Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet

ü  Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan

  • Elektronik kas di PC

ü  Bank menyediakan software khusus untuk konsumen

ü  pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak

ü  bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital

ü  uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash

ü  Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual

ü  penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain

  • Elektronik kartu pembayaran dengan e-cash

ü  Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik

ü  Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran

  • Smart cards

ü  Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak

  • Orang-ke-orang sistem pembayaran

ü  Transfer dana antar individu (PayPal)

  • Transfer Dana Elektronik (EFT)

ü  Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm. jaringan

  • Elektronik dompet
  • Pembelian kartu
  • Keamanan
    • Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang

ü  Single-kunci enkripsi

ü  Publik / swasta kunci enkripsi

ü  Kunci publik infrastruktur

  • Sertifikat Elektronik
  • Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
  • Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

Bagaimana Raffles Hotel ini? Melakukan E-Commerce

  • The Problem
    • Kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya untuk memikat pelanggan untuk hotel dan fasilitas dan kemampuannya untuk me

      E-Commerce

       

      E-Commerce (EC) Sejarah dan Ruang Lingkup

      Sejarah :

      • Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
      • Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
      • Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

      Termasuk Hari lingkup

      • pengiklanan
      • rumah perbankan
      • berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
      • membeli saham
      • mencari pekerjaan
      • melakukan lelang
      • berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
      • menyediakan layanan pelanggan

      EC Definisi & Konsep

      • Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
      • EC didefinisikan dari perspektif ini

      ü  komunikasi

      ü  proses bisnis

      ü  layanan

      ü  online

      ü  kolaborasi

      ü  masyarakat

      • Pure EC: semua dimensi adalah digital

      ü  Murni secara online (maya) organisasi

      ü  Baru-ekonomi organisasi

      ü  Menjual produk atau jasa hanya online

      • Partial EC: campuran dimensi digital dan fisik

      ü  Klik-dan-mortir organisasi

      ü  Melakukan kegiatan EC

      ü  Apakah bisnis utama mereka di dunia fisik

      EC vs E-bisnis

      • E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga

      ü  pelayanan pelanggan

      ü  Bekerja sama dengan mitra bisnis

      ü  Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi

      ü  Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

      Jenis E-Commerce

      • Business-to-business EC (B2B)
      • Kolaborasi commerce (c-commerce)
      • Business-to-consumer EC (B2C)
      • Konsumen-ke-bisnis (C2B)
      • Konsumen-to-consumer (C2C)
      • Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
      • Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
      • Mobile commerce (m-commerce)

      Electronic Marketplaces

      • Pasar memfasilitasi pertukaran

      ü  informasi

      ü  barang

      ü  layanan

      ü  pembayaran

      • Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi

      ü  pembeli

      ü  penjual

      ü  pasar perantara

      ü  Masyarakat pada umumnya

      Pasar Elektronik vs Inter-organisasi Sistem?

      E-markets

      • Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar

      ü  barang

      ü  layanan

      ü  uang

      ü  informasi

      Inter-organisasi Sistem Informasi (IOS)

      • Antara dua atau lebih organisasi

      ü  Rutin pemrosesan transaksi

      ü  Arus informasi

      Kerangka E-Commerce

      • EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan

      ü  orang-orang

      ü  kebijakan publik

      ü  Standar teknis dan protokol

      ü  mitra bisnis

      ü  Dukungan layanan

      Persyaratan Electronic Commerce

      • Infrastruktur – hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi
      • Pembayaran Elektronik Mekanisme
        • Pemeriksaan Elektronik

      ü  Nasabah membuka rekening dengan bank

      ü  pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital

      ü  pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual

      • Pembayaran Elektronik Mekanisme (lanjutan)
        • Elektronik Kartu kredit

      ü  Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet

      ü  Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan

      • Elektronik kas di PC

      ü  Bank menyediakan software khusus untuk konsumen

      ü  pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak

      ü  bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital

      ü  uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash

      ü  Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual

      ü  penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain

      • Elektronik kartu pembayaran dengan e-cash

      ü  Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik

      ü  Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran

      • Smart cards

      ü  Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak

      • Orang-ke-orang sistem pembayaran

      ü  Transfer dana antar individu (PayPal)

      • Transfer Dana Elektronik (EFT)

      ü  Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm. jaringan

      • Elektronik dompet
      • Pembelian kartu
      • Keamanan
        • Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang

      ü  Single-kunci enkripsi

      ü  Publik / swasta kunci enkripsi

      ü  Kunci publik infrastruktur

      • Sertifikat Elektronik
      • Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
      • Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

      Bagaimana Raffles Hotel ini? Melakukan E-Commerce

      • The Problem
        • Kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya untuk memikat pelanggan untuk hotel dan fasilitas dan kemampuannya untuk mengendalikan biaya
        • Solution
          • Business-to-consumer-mempertahankan portal publik (raffles.com) yang meliputi:

      ü  Informasi tentang hotel

      ü  sistem reservasi

      ü  Link ke sumber daya wisatawan ‘

      ü  Manajemen hubungan pelanggan (CRM) Program

      ü  Toko online untuk produk Raffles

       

      ngendalikan biaya

    • Solution
      • Business-to-consumer-mempertahankan portal publik (raffles.com) yang meliputi:

ü  Informasi tentang hotel

ü  sistem reservasi

ü  Link ke sumber daya wisatawan ‘

ü  Manajemen hubungan pelanggan (CRM) Program

ü  Toko online untuk produk Raffles

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php