Motif karpet unik ruang makan

Karpet merupakan perabot rumah tangga yang sering kali di pasang untuk mempercantik ruang interior, dan menghidupkan kesan hangat di dalam sebuah ruangan. Salah satunya  adalah ruang makan, supaya ruang makan kamu terkesan lebih mewah kamu bisa memasangkan karpet sebagai dekorasi.

Karpet memiliki berbagai macam motif, kamu hanya perlu menyesuaikan saja motif apa yang cocok untuk di ruangan yang ingin kamu pasang karpet. Jika kamu ingin memasang karpet untuk ruang makan berikut ada beberapa motif karpet unik untuk ruang makan yang bisa kamu coba.

1. Karpet dengan motif pola besar

Karpet dengan motif terlalu kecil akan membuat ruangan terasa sempit. Pilihlah motif karpet dengan pola yang besar makan menghasilkan kesan luas. Tapi jangan juga membatasi diri untuk berkreasi, dengan anggapan ini. Sebab semuanya akan kembali kepada furniture atau dekorasi yang kamu pilih.

2. Pilihlah karpet yang ideal sesuai ruangan

Karpet dengan ukuran sempit akan memberikan kesan dingin. Sebaliknya karpet dengan ukuran terlalu besar maka akan menimbulkan kesan sempit dan penuh. Untuk mendapatkan karpet yang ideal, ukurlah dengan penempatan furniture yang digunakan. Hal lainya yaitu, memperkirakan jumlah ubin yang tidak harus tercover seluruhnya oleh karpet.

3. Karpet dengan warna cerah

Karpet dengan warna putih memang mudah terkena kotoran, namun dengan pilihan warna putih akan membuat ruangan terkesan luas. Selain warna putih juga terdapat pilihan warna lain yaitu warna pastel, abu, coklat muda, dan krem. Jika ada jendela di ruangan tersebut gorden dengan warna selaras akan lebih memberikan kesan luas.

4. Tekstur karpet

Tekstur karpet akan menentukan tampilan ruangan secara keseluruhan. Jika kamu kalangan yang suka mengikuti trend, karpet bulu atau fluffy pasti akan menjadi incaran kamu. Tekstur karpet bulu tak hanya sedap di pandan tapi akan memunculkan kesan hangat dan mewah pada ruangan.

5. Karpet motif Aztec

Motif ini adalah salah satu motif yang banyak di gemari di pasaran. Selain desainya yang timeless, warna dan kombinasi motifnya juga sangat cantik. Untuk menambah kesan maskulin pada ruangan kamu dapat memilih motif ini dengan warna hitam putih. Motif ini akan cocok di pasang di berbagai ruangan.

6. Karpet motif maroko

Karpet ini cocok digunakan di ruangan kecil dengan tema asia. Dengan motif yang klasik, karpet ini cocok di padukan dengan ruangan yang berwarna putih maupun terang. Dengan desain karpet yang klasik, akan memunculkan kesan simple dan enak dipandang.

7. Karpet motif garis garis

Karpet dengan motif ini jarang diminati di pasaran, padahal karpet dengan motif ini akan memberikan kesan manis. Untuk motif ini jangan pilih ukuran 2X3 meter. Jika salah dalam memilih ukuran akan memberikan kesan penuh dan sesak.

8. Karpet motif chevron

Karpet ini akan memberikan kesan modern pada ruangan. Motif ini sudah ada sejak tahun 60-an namun menjadi trend pada saat ini. Karpet dengan motif zig-zag dapat menjadi peredam suara dan cocok di padukan dengan interior minimalis dengan warna hitam putih.  

Karpet juga bisa membuat ruang makan terlihat menjadi lebih mewah dan hangat, selain itu juga bisa membuat ruang makan terlihat lebih unik. Asal kamu bisa memilih karpet yang cocok. Nah, berikut ada beberapa tips yang dapat kamu coba untuk memilih karpet yang cocok.

9. Ukuran Karpet

Hal yang paling menentukan dalam proses pemilihan karpet adalah ukurannya. Ruang makan biasanya ukurannya tidak terlalu luas jadi pemilihan karpetnya harus tepat. Pilihlah ukuran karpet yang lumayan lebar melebihi kursi, supaya tidak mengganggu saat memindahkan kursi.

10. Samakan dengan bentuk meja

Bentuk meja juga menjadi trik saat kamu akan memilih karpet untuk ruang makan, karena hal ini sangat mudah untuk diikuti kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan meja makan. Misal meja makan di rumahmu berbentuk lingkaran maka pilih karpet dengan bentuk lingkaran.

11. Samakan dengan tema ruangan

Pilih karpet yang senada atau setema dengan ruang makan kamu jangan sampai motif karpet malah berbeda dengan tema ruangan. Nanti akan terlihat menjadi aneh, contohnya untuk tema Scandinavia maka pilih karpet hitam dengan motif minimalis modern.

12. Pilih bulu karpet yang rata

Untuk mengurangi risiko kerusakan pada karpet pilihlah karpet yang berbulu pendek dan kecil. Jangan memilih karpet dengan bulu tebal karena nantinya karpet akan mudah rusak karena karpet akan selalu bergesekan.

13. Pilih karpet yang mudah dibersihkan

Karpet yang berada di ruang makan risiko karpet terkena noda pasti lebih besar. Jadi pilihlah karpet yang bahannya paling mudah untuk dibersihkan, tapi walaupun karpet tidak terkena noda usahakan  kamu tetap rajin untuk membersihkannya.

14. Karpet bercorak gelap

Jika kamu bingung menentukan warna apa yang cocok untuk ruang makan dirumah kamu bisa langsung memilih warna- warna gelap sebagai alternatif. Karpet dengan warna gelap akan menghindari karpet terlihat kotor dan membuat ruangan menjadi hangat.

Sekian artikel tentang motif karpet unik ruang makan dan tips memilih karpet yang sesuai untuk ruang makan. Semoga bermanfaat.

Cara Ampuh Merawat Karpet Vinyl Agar Tetap Awet

Tampilan lantai yang yang mempunyai macam ragam dan bentuk, tentu akan membuat pemilik rumah lebih nyaman serta fleksibel untuk mengatur dan membersihkannya.  Karpet vinyl ini terbuat dari bahan campuran karet dan plastic yang dilapisi menggunakan motif pada permukaannya. Karpet ini salah satu pilihan yang ekonomis dan paling banyak ditemui diantara karpet lainnya.

Selain vinyl dengan motif kayu, ada berbagai macam motif lain. Cara pemasangan karpet ini juga mudah dan praktis, cukup menempelkannya menggunakan lem di bagian bawahnya.

Cara Merawat Karpet Vinyl

Karpet jenis ini bisa bertahan lebih awet kurang lebih 10 tahun. Lalu, bagaimana cara perawatan karpet vinyl ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Selamat membaca.

1. Perawatan Harian

Cara pertama yaitu, Anda bisa membersihkan karpet ini dengan cara perawatan harian. Karpet vinyl ini tergolong memiliki tingkat perawatan yang sangat mudah. 

Anda bisa melakukan perawatan harian ini dengan cara membersihkan karpet vinyl menggunakan vacuum cleaner dengan dibantu nozzle. Nozzle ini mempunyai bulu yang lembut, sehingga cocok jika digunakan untuk membersihkan karpet vinyl. Dan, pada saat ingin menyapu gunakan sapu yang menggunakan bahan nilon yang bertekstur lembut.

2. Perawatan Mingguan

Cara kedua yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan mingguan. Selain menyapu lantai, Anda juga perlu mengepel lantai dua sampai tiga kali seminggu. Tips penting yang harus Anda perhatikan untuk mengepel lantai vinyl adalah :

– Pertama, Gunakan obat pembersih khusus vinyl yang mempunyai kualitas terbaik.

– Kemudian, pilihlah kain mop untuk mengepel lantai.

– Celupkan kain mop menggunakan air bersih  dengan campuran obat pembersih vinyl dengan kondisi cukup basah.

– Terakhir, bilaslah kain mop menggunakan air bersih.

Berbeda dengan lantai karpet lainnya, karpet vinyl ini yang sudah selesai di pel sebaiknya segera dikeringkan. Cara mengeringkannya juga cukup mudah, bisa menggunakan floor sweeper atau dikeringkan menggunakan kipas angin.

3. Pembersihan Noda Membandel

Cara selanjutnya merawat karpet vinyl yaitu, membersihkan noda yang membandel. Anda  juga bisa menggunakan cairan MPC dengan menyemprotkan ke noda membandelnya. Kemudian gunakan spons yang lembut untuk membersihkan noda yang ringan. Jika sudah, keringkan menggunakan kain lap kering.

Apabila metode menggosok noda membandel belum berhasil mengangkat noda kotoran, Anda bisa membersihkannya lagi agar terlihat mengkilap dengan melakukan metode coating. Apabila  lantai vinyl terkena tumpahan kopi, teh ataupun sirup, segera bersihkan tumpahan tersebut sebelum kering untuk mencegah noda menjadi permanen.

4. Perawatan Ekstra

Cara berikutnya untuk merawat lantai vinyl dengan melakukan perawatan ekstra. Lantai yang sudah lama dipakai atau digunakan akan mengalami pengelupasan akibat lem yang daya rekatnya sudah berkurang. Untuk mencegah pengelupasan lem tersebut,  Anda bisa merekatkan kembali karpet menggunakan lem agar lantai terlihat baru lagi.

Kemudian, hindari menggeser benda benda yang berat di atas lantai vinyl.  Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari lantai mengerut atau sobek bahkan rusak permanen. Jika ingin memindahkan barang besar dan berat, Anda dapat menggunakan alas kain untuk menggeser barang tersebut.

5. Menggunakan Keset

Selain cara tadi, menggunakan keset juga dapat menjaga agar lantai vinyl tidak kotor. Caranya dengan menaruh keset di setiap ruangan agar kaki juga lebih bersih ketika akan menginjak lantai vinyl. Keset juga membantu menjaga agar lantai tidak mudah terkena bahan kimia dan kotoran.

Kotoran yang menempel di lantai, akan menyebar dengan cepat sehingga membuat waktu menyapu lebih lama dan butuh tenaga yang ekstra. Meskipun bahan kimia yang menempel di lantai tidak terlihat, bahan kimia ini juga dapat menempel di sol sepatu. Sehingga lantai vinyl akan mudah mengelupas dan menguning.

6. Bersihkan sisa hairspray dengan sampo

Cara terakhir yang harus anda coba yaitu dengan  menggunakan sampo. Sisa hairspray yang sering menempel di lantai, termasuk di karpet vinyl dapat menyebabkan lantai akan berubah warna. Cara membersihkannya cukup mudah dengan cara menggunakan sampo.

Caranya yaitu campurkan shampo dengan menggunakan air hangat. Kemudian pel lantai menggunakan campuran shampo tersebut.  Setelah selesai bilas menggunakan kain pel yang bersih.

Itulah beberapa cara ampuh merawat karpet vinyl dengan mudah. Hal hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat karpet vinyl yaitu melakukan perawatan harian, perawatan mingguan,pembersihan  noda membandel dan melakukan perawatan ekstra. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Tunggu apalagi? Coba sekarang dan rasakan perbedaannya. 

Tips Memilih Karpet Daur Ulang

Sebelumnya apakah sudah paham atau tau apa itu karpet daur ulang? Umumnya, karpet terbuat dari bahan katun, nilon, dan sebagainya. Sedangkan karpet daur ulang adalah karpet yang dibuat atau diproduksi menggunakan barang bekas yang bisa didaur ulang.

Contoh sampah yang dapat didaur ulang menjadi karpet yaitu plastic bekas. Kenapa karpet ini digunakan? Karena mempunyai banyak kelebihan, salah satunya yaitu mudah dalam pembersihannya, tahan air, dan harganya murah.

Nah, disini penulis akan membahas lebih detail mengenai karpet yang didaur ulang dari plastic. Bagaimana cara agar pemilihan karpetnya? Dilansir dari cekresi.com, berikut adalah tips memilih karpet daur ulang dari plastic:

Tips Memilih Karpet Daur Ulang

1. Pilih Ukuran yang Tepat

Sebelum anda membeli karpet dan memasang karpet daur ulang dari plastic, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran ruangan yang akan anda pasang karpet. Jika anda menggunakan karpet untuk menutupi lantai maka anda harus mengukur luas ruangan tersebut. 

Tetapi beberapa pemroduksi karpet daur ulang mengeluarkan jenis karpet portable. Jadi, anda tidak perlu cemas jika ingin piknik, karena karpet daur ulang dapat dibawa kemana-mana tanpa membutuhkan tempat yang luas untuk membawanya. 

2. Pilih Ketebalan Karpet

Pada dasarnya, apabila alasnya tebal maka jika diduduki pastinya alas tersebut empuk, dan nyaman untuk ditempati. Biasanya produsen karpet daur ulang ini mendaur ulang kain yang tak terpakai menjadi isian dari karpet tersebut.

Jika dirumah anda dijangkau banyak anak-anak, maka penulis menganjurkan untuk memilih karpet yang tebal. Untuk menghindari benturan yang mungkin saja terjadi.

3. Pilih yang Dilengkapi Stiker Apabila Karpet untuk Lantai

Apabila anda menggunakan karpet untuk lantai, maka pilih yang dilengkapi dengan stiker. Selain mudah dalam pemasangannya karpet yang dilengkapi dengan stiker juga lebih praktis. 

4. Pilih Model Karpet yang Senada dengan Ruangan

Setelah memilih karpet yang dilengkapi dengan stiker, jangan lupa juga untuk memilih model atau motif karpet yang senada dengan dinding rumah anda.

Jika anda ingin mendapatkan kesan ruangan yang luas dan megah, maka pilih karpet yang berwarna cerah dan tak bermotif atau polos.

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih karpet daur ulang, maka bagaimana cara memasang karpet yang didaur ulang untuk plastic tersebut? Berikut adalah cara memasang karpet lantai daur ulang dari plastic, berikut penjelasannya.

Cara Memasang Karpet Lantai Daur Ulang Plastik

Apabila anda membeli karpet lantai daur ulang yang berbentuk rol atau gulungan, ikuti langkah dan perhatikan caranya:

1. Sesuaikan panjang karpet dan berapa karpet yang diperlukan. Lebihi ukuran karpet 10 hingga 20 cm di setiap sisi untuk menghindari terjadinya kekurangan bagian karpet saat pemasangan.

2. Pastikan lantai sudah dalam keadaan bersih. Karena apabila lantai yang akan anda pasang karpet kotor dan berdebu, maka lem yang ada di karpetnya tidak merekat dengan sempurna. Ini menjadi salah satu penyebab karpet menggelembung atau mengelupas.

3. Gunakan lem khusus yang sesuai dengan kebutuhan lantai anda. Lem yang di gunakan harus benar benar dapat merekatkan karpet terhadap lantai dengan kuat. Contoh lem yang dapat anda gunakan salah satunya adalah lem fox. Lem ini dapat anda beli di toko bangunan terdekat anda.

4. Cara memasangkan karpetnya adalah dengan mengoleskan lem ke lantai dengan rata. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Lalu diamkan lem tersebut hingga setengah kering. Setelah lem di lantai setengah kering maka tempelkan karpet ke lantai yang sudah di lem tadi. 

5. Pastikan posisi pemasangan karpet sesuai dengan pengukuran yang dilakukan sebelumnya. Jangan sampai karpet yang sudah dilem bergeser atau berpindah tempat.

6. Setelah karpet terpasang, maka lakukan pengamatan terhadap karpet agar karpet yang sudah terpasang tidak menggelembung di tengah – tengah.

7. Jika sudah dipastikan tidak ada yang menggelembung maka diamkan karpet lantai itu selama kurang lebih 15 menit. Jangan diinjak, agar hasil yang anda dapatkan sesuai dengan ekspektasi anda.

Setelah membaca artikel diatas, pastinya anda sudah tau mengapa banyak orang memilih karpet yang didaur ulang dari plastic, dan bagaimana cara pemasangan karpet daur ulang tersebut.

Bagaimana tertarikkah anda untuk memasang karpet daur ulang dari plastic tersebut di rumah anda? Jika iya, jangan lupa perhatikan tips memilih karpet daur ulang dan ikuti langkah pemasangannya dengan benar ya.. Semoga bermanfaat!!

Tips Cuci Karpet Mobil Secara Manual

Kebersihan mobil harus tetap terjaga supaya nyaman saat digunakan. Terlebih lagi pada saat musim hujan, mobil akan sering terkena air dan kotoran baik di bagian mobil maupun di dalam mobil. Pada bagian luar mobil sudah jelas terkena air hujan bahkan debu. Sedangkan bagian dalam mobil kemungkinan cepat kotor karena , atau alas kaki yang kita pakai sering membawa kotoran. Sehingga menyebabkan karpet pada mobil menjadi kotor. 

Walaupun letak karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, tetapi kebersihannya perlu di perhatikan supaya penumpang merasa nyaman. Adapun untuk tetap menjaga kebersihan karpet berikut cara-cara untuk mencuci karpet mobil.

1. Gunakan sikat yang tepat

Sikat memiliki tekstur dan serat yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki dasar karpet beludru atau halus, gunakan sikat yang memiliki tekstur lembut. Supaya karpet tidak rusak dan dalam keadaan halus dan lembut.

Untuk karpet dengan bahan beludru kasar, gunakan sikat yang lebih padat dan keras untuk mempermudah hilangnya debu dari sela-sela karpet. Sikat juga berfungsi untuk menghilangkan noda pada karpet yang berbahan semi atau karet.

2. Dengan vacuum cleaner

Vacuum cleaner berfungsi untuk mengangkat debu-debu atau remahan sisa makanan yang di karpet yang sulit dijangkau. Menggunakan alat ini dapat mempermudah perawatan dasar karpet mobil. Dengan serat karpet mobil yang berbeda-beda, tentunya vacuum cleaner dapat menjadi salah satu cara dalam pembersihan. 

3. Keluarkan karpet

Mengeluarkan karpet dari mobil akan mempermudah proses pembersihan. Melakukan cara ini juga membuat kotoran pada karpet tidak mengenai bagian lain pada mobil. Setelah dikeluarkan, letakan di tempat yang terbuka.

4. Cuci dengan sabun dan air

Karpet dasar sebaiknya dicuci dengan sabun anti bakteri dan air. Bersihkan secara menyeluruh dibagian karpet dasar dan sela-sela karpet. Hal tersebut bertujuan menghilangkan noda dan debu yang tersangkut di karpet, semakin tebal noda maka semakin banyak pula sabun yang dioleskan. Jika kotoranya ringan gunakan sikat yang lebar, tetapi jika kotoranya tebal dan sulit dibersihkan gunakan sikat yang tebal.

5. Jemur karpet

Setelah selesai mencuci karpet kemudian jemur karpet di terik matahari. Jangan jemur karpet terlalu lama karena akan membuat warna karpet cepat pudar. Sebagai solusi jemur karpet di tempat yang kering dan terkena angin.

6. Bersihkan secara berkala

Bersihkan karpet secara berkala, minimal 2 minggu sekali. Namun bila keadaan karpet sudah sangat kotor maka segeralah cuci karpet. Hal tersebut bertujuan supaya kotoran tidak mengeras dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Itulah beberapa tips cuci karpet mobil yang bisa Anda terapkan. Jangan biarkan karpet mobil Anda terlalu kotor ya. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Manfaat Karpet Mobil Untuk Kenyamanan Berkendara

Saat ini mobil menjadi salah satu kendaraan roda empat yang banyak digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Hal ini bisa jadi karena dengan menggunakan mobil akan lebih efisien dalam melindungi dari hujan maupun terik panasnya matahari. Selain itu juga perlu kamu perhatikan ketika menggunakan mobil adalah kenyamanan dan kebersihan mobil, selain itu pada keberadaan aksesoris mobil yang ternyata memiliki berbagai macam manfaat.

Salah satu aksesoris penting adalah karpet mobil.  Manfaat dalam menggunakan karpet mobil tambahan juga dapat menambahkan kenyamanan tersendiri saat berkendara. Karpet aksesoris tambahan ini berfungsi sebagai penutup kerangka bawah mobil dan juga bermanfaat untuk mempercantik kondisi kabin selain itu juga melindungi karpet dasar.

Manfaat Karpet Mobil

Selain itu ada beberapa manfaat lain dalam menggunakan karpet mobil yaitu:

1. Melindungi lantai dasar mobil dari goresan

Bagi kamu yang sering traveling menggunakan mobil tentu alas kaki atau sepatu akan membawa benda lain atau kerikil tanpa kamu sadari. Kerikil atau benda lain itu yang dapat menggores permukaan dasar mobil.  

2. Menjaga nilai jual kembali

Hampir semua mobil dilengkapi dengan karpet bawaan dari pabrik yang melekat pada kabin mobil. Kamu dapat menambahkan karpet tambahan di atasnya, sehingga karpet bawaan tetap terjaga kualitasnya. Dan nilai jual pun akan tinggi selain itu juga akan menarik minat pembeli.

3. Sebagai peredam suara dalam mobil

Keberadaan karpet tambahan dan karpet pelindung dasar kabin mobil dapat meredamkan suara dengan baik dari dalam mobil. Sehingga ketika kamu menyetel musik cukup keras suara musiknya dapat terhalang keluar dari mobil. 

4. Pelindung serbaguna 

Karpet tambahan yang terdapat dalam mobil juga melindungi lapisan lantai dan dasar mobil dari berbagai macam jenis benda tajam, benda cair, dan kotoran lain.  Hal ini juga berpotensi membuat lapisan dasar maupun kabin mobil menjadi berubah warna dan bentuk.

5. Mencegah kotoran

Karpet digunakan sebagai alas yang sering diinjak. Setiap keluar masuk mobil kamu membawa kotoran yang menempel dan ketika kamu menginjak karpet kotoran  akan menempel pada karpet. Sehingga lantai dasar mobil tetap bersih karena kotorannya menempel pada karpet.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari karpet tambahan pada mobil, berikut tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih karpet mobil yang bagus

1. Pilih karpet yang tidak berbau

Karpet mobil yang bagus yaitu karpet yang tidak berbau. Jika berbau pun setidaknya baunya tidak mengganggu. Kamu bisa langsung membelinya secara offline supaya bisa mengetahui karpet itu berbau atau tidak.

2. Pilih yang tidak licin

Karpet mobil yang licin dapat mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara. Selain itu karpet licin juga seringkali berubah-ubah posisi dan tentunya itu akan sangat mengganggu. Sehingga sebaiknya kamu membeli karpet dengan bahan yang sedikit kasar.

3. Pilih yang ada perekatnya 

Jika karpet tidak langsung pas dengan ukuran ruang mobil perekat atau pengaitnya sangat penting agar karpet tidak mudah bergeser. Namun jika karpet tidak mempunyai perekat atau pengait karpet akan mudah bergeser, maka sangat mungkin kotoran yang berada di karpet bisa tumpah karena geseran. Namun jika ukuran karpet sudah pas dengan ruang mobil perekat atau pengaitnya tidak terlalu dibutuhkan. 

4. Pilih yang lentur atau elastis

Semakin lentur bahan karpet maka akan semakin bagus pula kualitasnya dan juga awet digunakan. Jika karpetnya tidak lentur biasanya karpet akan mudah robek atau patah. Dari sisi harganya pun karpet yang elastis harganya lebih mahal dibanding dengan karpet yang elastisnya rendah, karena kualitasnya pun jelas berbeda.

5. Pilih motif yang tidak terlalu rapat

Memilih motif yang tidak terlalu rapat dapat memudahkan kamu untuk membersihkannya. Jika menggunakan motif yang rapat kemungkinan kotoran yang menempel sangat besar , sehingga proses pembersihannya  membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan motif yang lebih renggang.

6. Pilih yang warnanya netral

Memilih warna mencolok itu bukanlah hal yang bagus, kadang warna yang mencolok ketika dipasang tidak senada dengan mobil hasilnya akan terlihat aneh. Maka untuk menghindari hal itu pilih lah warna-warna yang netral seperti hitam, coklat, dan warna gelap lainnya.

Selain beberapa manfaat nya tadi  karpet mobil juga membuat nyaman saat kamu berpergian menggunakan mobil. Tapi jangan lupa juga untuk membersihkan karpet mobil supaya tetap bersih dan tidak menjadi sarang bakteri yaa. Sekian pembahasan kali ini mengenai manfaat karpet mobil dan juga tips memilih karpet mobil yang bagus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Membersihkan Karpet Masjid Agar Kembali Bersih dan Wangi

Karpet sebuah benda yang biasa digunakan sebagai alas penutup lantai sekaligus untuk pijakan kaki agar terasa lebih nyaman dan hangat. Bukan hanya di rumah karpet juga sering kali dipasang di dalam masjid untuk berbagai kegiatan dari umat muslim hampir 24 jam. Umumnya karpet yang digunakan untuk masjid memiliki corak khas menyerupai sajadah yang memanjang ke samping.

Banyaknya kegiatan seperti pengajian akbar, perkumpulan, remaja masjid, pengajian rutin dan lain sebagainya. Tentu mengakibatkan karpet masjid menjadi kotor, oleh karena itu kita harus selalu memperhatikan kebersihan karpet masjid. Karena karpet yang kotor serta beraroma apek tentu akan mengusik kekhusyukan dalam beribadah. Supaya karpet masjid harum serta bersih karpet wajib dibersihkan tiap hari.

Namun karena ukuran karpet masjid biasanya sangat besar, mencuci karpet bukan suatu hal yang mudah dikerjakan. Tentunya anda membutuhkan panduan khusus dalam membersihkannya.

Berikut adalah tips membersihkan karpet masjid sampai bersih dan wangi

1. Bersihkan Memakai Vacuum Cleaner

Sebagian besar kotoran yang menempel di karpet merupakan partikel-partikel debu tersembunyi di dalam sela-sela seratnya. Jadi upaya paling efisien dan terbaik untuk menghilangkan debu-debu di dalam karpet yaitu membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Karena anda pasti akan merasa lebih kerepotan kalau harus membersihkan debu di dalam karpet yang sudah terlanjur basah.

2. Gantunglah Karpet di Jemuran Khusus

Sebaiknya hindari mencucinya langsung di atas lantai karena justru akan mempersulit diri anda sendiri. Agar pekerjaan lebih mudah karpet yang akan dibersihkan sebaiknya digantungkan saja di tempat jemuran yang kuat. Jemuran khusus yang terbuat besi dengan ukuran yang besar dan tinggi sehingga karpet tersebut bisa dibentangkan dengan sempurna.

3. Semprot Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

Dalam mencuci karpet masjid sebaiknya gunakanlah air yang bertekanan tinggi. Karena air bertekanan tinggi akan membuat debu yang menempel di sela-sela karpet akan tertekan secara maksimal sehingga terus terdesak untuk keluar. Air harus di semprot secara merata menutupi seluruh permukaan dari karpet.

4. Gunakan Sabun Khusus untuk Karpet

Usahakan memakai cairan pembersih khusus dibuat untuk mendukung keperluan mencuci karpet terutama karpet yang besar. Berbagai produk cairan pembersih sekarang sudah banyak dijual di Indonesia, hindari memakai deterjen pakaian karena malah akan merusak serat kain karpet. Penggunaan deterjen biasanya juga lebih banyak sehingga boros. Kalau tidak ada cairan pembersih karpet, anda bisa memakai sabun bahan alami seperti sabun cuci piring efektif dan relatif aman.

5. Menggosok Permukaan Karpet dengan Sikat Halus

Saat kita sedang mencuci, permukaan dari karpet itu sendiri perlu digosok menggunakan sikat agar hasil bisa bersih maksimal. Pakailah sikat yang dengan bulu lembut agar bulu sikat tersebut tidak merusak serat kain ya. Pada saat menyikat karpet jangan terlalu kasar dan dalam proses menyikat sebaiknya hanya difokuskan di yang lebih kotor dari yang lain. Benang-benang yang berada di pinggir karpet masjid , biasanya mudah rontok bila terlalu sering disikat.

6. Saat Menjemur Cukup Diangin-anginkan Saja

Kita perlu terus mengingat hal ini, bahwa dalam sinar matahari itu terkandung sinar ultraviolet dan sinar infrared yang bersifat merusak. Warna karpet akan memudar dan lama-kelamaan seratnya akan rusak jika anda menjemur karpet langsung di bawah matahari. Menjemur karpet yang paling baik yaitu dengan memanfaatkan angin untuk mengeringkan karpet di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik. Walaupun waktu pengeringan sedikit lebih lama, namun kondisi karpet tersebut akan senantiasa tetap awet terjaga.

7. Menghilangkan Bau Dengan Baking Soda

Pada dasarnya karpet akan berbau yang tidak sedap setelah di cuci. Oleh karena itu selain memakai cairan pewangi buatan, kita dapat memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan bau ini. Baking soda merupakan bahan alami yang paling tepat guna menetralisir bau yang tidak sedap.Kita hanya perlu menaburkan baking soda secukupnya di atas permukaan karpet, kemudian tunggu sekitar 30-45 menit.

Setelah itu bersihkan permukaan karpet dari baking soda bisa pakai vacuum cleaner agar lebih cepat, selesai sekarang karpet sudah bersih.

Karpet memang biasa digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun tentunya kita juga perlu untuk senantiasa merawat dan membersihkannya. Tentu saja untuk kenyaman kita sendiri.Terlalu lama membiarkan karpet kotor, bisa menjadi sarang penyakit yang tentu saja berdampak kurang baik untuk kesehatan diri kita sendiri.

Sekian artikel kali ini ,selalu jaga kebersihan demi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Peralatan Cuci Karpet Yang Mudah Digunakan

Disini penulis akan memberikan rekomendasi kepada kalian yang masih bingung tentang peralatan cuci karpet terbaik. Sebelum itu kita perlu mengetahui tentang tipe-tipe pembersih karpet.

Tipe-tipe Pembersih Karpet

1. Jenis Bubuk

Pembersih karpet jenis bubuk, caranya membuat debu pada karpet menjadi mudah terangkat, ini sangat efektif untuk debu yang sulit terlihat. Namun produk tipe ini tidak cocok untuk noda membandel. Sayangnya produk tipe ini banyak diproduksi di luar negeri dan beberapa aromanya sedikit menyengat.

2. Jenis Foam

Yang kedua pembersih tipe foam atau spray untuk membersihkan noda membandel seperti tumpahan jus atau kopi. Produk ini bisa membuat kulit terasa kasar bila terlalu sering mengenai tangan jadi berhati-hatilah jika Anda memiliki kulit yang sensitif. 

Pembersih karpet ini memiliki fungsi yang lainnya, seperti mengusir tungau, anti bakterial, dan sebagai pewangi. Cocok bagi Anda yang memiliki bayi dan ingin terbebas dari jamur. Produk seperti ini juga bisa menghilangkan bau hewan peliharaan yang menempel di karpet.

Berikut ini rekomendasi enam produk pencuci karpet dengan berbagai tipe pembersih yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan:

1. Glade Carpet & Room Refresher (Rp.84.500,00)

Ini adalah produk yang dapat membersihkan karpet dengan cepat cocok untuk kalian yang malas mencucinya. Tersedia dalam berbagai macam pilihan keharuman sesuai dengan selera. Cara cukup mudah taburkan pada karpet, lalu diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan penyedot debu.

2. LUXURY Carpet Cleaner (Rp.167.5000,00)

Salah satu produk ini hadir dengan bahan-bahan non toxic sehingga cukup aman untuk bayi atau anak kecil. Penggunaannya cukup  sedikit saja karena kandungannya cukup kuat ini mampu membersihkan seluruh bagian karpet. Untuk membersihkan noda membandel cukup gunakan sikat, dan tentu saja produk ini aman bagi anak-anak.

3. WAXCO Auto Care Tough Stain Cleaning Foam 500 gm (Rp.99.000,00)

Pembersih karpet yang mengandung bahan yang ramah lingkungan karena tidak mengandung chlorofluorocarbon (CFC) sehingga ini sangat ozone-friendly. Teknologi nano yang mampu menghilangkan semua jenis kotoran bahkan sampai ke serat karpet. Produk ini bisa digunakan juga pada semua permukaan kain lainnya. 

4. Astonish Specialist Carpet & Upholstery Lotus Flower (Rp.74.900,00)

Jamur merupakan masalah utama karpet berbulu tebal dan panjang yang akan membuat kulit terasa gatal saat anda duduk di atasnya. Untuk yang ingin membersihkan karpet sekaligus membunuh jamur dan kuman, produk ini adalah salah satu yang kami rekomendasikan. Penggunaanya cukup mudah, bisa di bersamaan dengan penyedot debu agar karpet bersihnya lebih optimal.

5. Formula 1 Dry Clean™ Carpet & Upholstery Cleaner (Rp.137.500,00)

Solusi bagi anda yang ingin membersihkan karpet tapi tidak memiliki banyak waktu. Cukup disemprotkan saja busa pada noda karpet dan biarkan hingga busa bisa menembus serat karpet. Setelah itu, gunakan kain lap agar kotoran terangkat. Produk ini memiliki aroma jeruk menyegarkan juga telah dibuat agar cepat kering sehingga tidak perlu membilasnya untuk waktu yang lama.

6. Carpet & Upholstery Cleaner (Rp155.000,00)

Adanya pola semprotan ganda pada produk ini yang sangat cocok untuk menghapus noda pada karpet dengan mengontrol arah busanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir busa pembersih akan meninggalkan residu karena busanya cepat meresap, dan menghilangkan bau tidak sedap. Jadi, bukan hanya membersihkan saja tapi juga membuat karpet harum segar dan terlihat seperti baru.

Itulah beberapa rekomendasi peralatan cuci karpet terbaik. Ketika Anda sedang mencari pembersih karpet, pilihlah berdasarkan jenis kotoran yang ada pada karpet. Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu pembersih agar lebih optimal.

Bila Anda peduli terhadap isu lingkungan, sebaiknya memilih produk yang tidak menggunakan listrik. Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karet saat akan menggunakan tipe foam atau spray.