Daftar Universitas Jurusan Teknik Terbaik Di Indonesia

Tak dapat dipungkiri, pendidikan adalah bekal terbaik untuk masa depan yang cerah. Tuntutlah ilmu hingga setinggi langit, begitu kata orang dan melanjutkan studi ke bangku kuliah adalah salah satu langkah positif untuk menambah level pendidikan.

Bingung memilih jurusan saat akan masuk kuliah? Nah, jurusan yang satu ini layak Anda pertimbangkan yakni jurusan Teknik dan Teknologi. Tak perlu jauh-jauh, di Indonesia pun ada beberapa universitas jurusan teknik terbaik yang sudah masuk dalam daftar 500 universitas terbaik di dunia. Mungkin saja salah satu diantaranya beberapa universitas terkenal ini bisa menarik hati Anda.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Salah satu jurusan di bidang teknik yang paling banyak dicari calon mahasiswa ITS adalah Teknik Sipil dan Perencanaan. Ada pula Teknik Arsitektur. Keduanya memberikan sumbangsih yang besar untuk negara dan masyarakat pada umumnya. Para lulusan dari Jurusan ini umumnya bekerja di lapangan dan siap bertanggung jawab terhadap sebuah bangunan yang sudah dirancang. Jadi, setiap harinya Anda wajib menenteng kertas atau buku catatan ke mana-mana karena Anda harus selalu siap mencatat berbagai bahan atau material, ide untuk bangunan maupun hal penting lainnya. Seorang lulusan Teknik Sipil juga harus bisa bersikap tegas ketika membawahi para pekerja saat proses pembangunan.
  2. Universitas Diponegoro. Sama seperti ITS, Teknik Sipil juga menjadi salah satu jurusan yang paling difavoritkan di Undip. BAN-PT sudah memberikan akreditasi A untuk Undip beberapa tahun lalu dan sepertinya status tersebut akan terus bertahan mengingat kualitas pendidikan, daya serap untuk pekerjaan, hingga prestasi para lulusan dari universitas ini selalu ada di atas rata-rata. Terbukti, Undip terus menghasilkan lulusan yang memberikan kontribusi besar untuk bangsa.
  3. Universitas Gadjah Mada. Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini juga masuk ke dalam 500 besar universitas terbaik di dunia untuk jurusan yang sama di peringkat antara 400-500. Presiden kita saat ini, Ir. Joko Widodo, juga merupakan jebolan universitas populer ini, begitu pula dengan Gubernur Jakarta saat ini, Anies Baswedan. Peminat jurusan teknik di UGM setiap tahunnya cukup banyak, sekitar 1.500-an. Jumlah ini bisa dipastikan akan terus meningkat mengingat perkembangan bisnis yang melibatkan ahli teknik belakangan ini sangat pesat. Jurusan teknik yang menjadi favorit di UGM antra lain Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Kimia, Teknik Fisika dan Nuklir serta  Teknik Informasi dan Elektro.
  4. Universitas Indonesia. Jurusan Teknik di UI juga memiliki peringkat yang kurang lebih sama dengan UGM di ranking dunia. UI sudah membuka jurusan tekniknya sejak tahun 1964, saat jumlah calon mahasiswanya adalah sekitar 400-an. Di UI terdapat 7 jurusan teknik yang ditawarkan yakni Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro dan Teknik Komputer, Teknik Metalurgi dan Material seta Teknik Arsitektur. Tiap jurusan memiliki jumlah peminat yang kurang lebih sama dan prospek kerja yang cukup tinggi membuat UI selalu difavoritkan para calon mahasiswa tiap tahunnya.
  5. Institut Teknologi Bandung. Inilah dia jawara untuk universitas yang konsisten menerapkan pendidikan di bidang teknik dan teknologi. Berdasarkan Quacquarelli Symonds World University Rankings, ITB masuk dalam peringkat 215 terbaik untuk kategori jurusan Engineering and Technology di seluruh dunia. Ada beberapa jurusan unggulan yang ditawarkan ITB, antara lain Teknik Pertambangan dan Perminyakan Teknik Elektro dan Informatika serta Teknik Industri.

Nah, itu dia beberapa universitas jurusan teknik terbaik yang ada di Indonesia. Bagaimana, apakah Anda sudah siap memilih mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda? Selamat kuliah!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.