Blog Justian

Mempunyai Penyakit Lambung dan Ingin Mengobatinya Secara Alami? Ini nih Ramuannya!

Posted: June 12th 2018

Mempunyai Penyakit Lambung dan Mau Mengobatinya Secara Alami? Ketika sudah memasuki usia lanjut, banyak sekali masalah kesehatan yang akan menghampiri salah satunya masalah pencernaan. Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah luka lambung yang dapat juga disebut dengan tukak lambung.

Tukak lambung merupakan luka yang timbul pada dinding lambung karena tergoresnya lapisan dinding lambung. Luka tersebut juga sering muncul pada dinding usus kecil sera kerongkongan. Apabila masalah tukak lambung sudah parah akan menimbulkan rasa sakit pada lambung yang tak tertahankan bahkan sampai pendarahan. Sering menyerang orang berusia 60 tahun keatas, luka lambung juga dapat terjadi pada siapa saja yang kurang merawat kesehatan saluran pencernaan.

Penyebab Luka lambung

Terdapat beberapa penyebab terjadinya luka pada lambung, dapat disebabkan secara alami atau juga dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa penyebab luka pada lambung antara lain:

Bakteri Penyebab utama terjadinya luka pada lambung adalah adanya infeksi bakteri. Bakteri yang bernama Helicobacter Pylori ini akan menggerogoti lapisan yang melindungi lambung dari asam lambung. Ketika lapisan tersebut sudah menipis dan terkena asam lambung maka lama-kelamaan lambung akan mengalami luka.

Obat-obatan mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat anti inflamasi ternyata dapat meningkatkan terjadinya luka pada lambung. Apabila sering atau berkepanjangan mengkonsumsi obat-obatan tersebut maka akan dapat meningkatkan resiko tukak lambung terutama pada lansia. Alkohol dan rokok sering mengkonsumsi minuman beralkohol ternyata menjadi salah satu penyebab menipisnya lapisan atau selaput pelindung pada lambung.

Untuk mereka yang menderita luka lambung dan sering merokok dapat memperparah kondisi luka lambung tersebut. Hal ini dikarenakan racun-racun yang terdapat dalam rokok membuat luka lambung terinfeksi.

Ciri-ciri ataupun gejala yang muncul jika mengalami tukak lambung adalah nyeri ataupun perih pada perut. Rasa nyeri tersebut muncul dikarenakan terjadinya iritasi akibat asam lambung tinggi yang membasahi luka. Nyeri ataupun perih pada perut tersebut meliputi:

Nyeri perut dapat menyebat ke leher, pusar sampai ke punggung. Nyeri perut yang parah pada malam hari. Nyeri perut pada saat perut kosong. Nyeri perut dapat berkurang apabila mengkonsumsi obat pereda asam lambunbg. Nyeri perut dapat hilang selama beberapa hari kemudian muncul kembali. Nyeri ulu hati, selain rasa perih dan nyeri pada perut, tukak lambung juga dapat menimbulkan gejala lain seperti:

Menurunnnya nafsu makan. Berat badan turun, perubahan warna pada tinja menjadi hitam. Mual dan muntah berwarna hitam bahkan muntah darah. Cara mengobati luka lambung

  • Madu Murni
  • Ubi Jalar Putih
  • Jus Kubis

Itulah beberapa cara alami untuk menyembuhkan luka lambung. Luka lambung dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan lambung bocor dan cara tersebut sudah tidak dapat lagi digunakan untuk menyembuhkannya. Segera lakukan pengobatan agar tidak memperparah kondisi tersebut.

BACA JUGA: Tidak Ada Alasan Untuk Berhenti Diet di Bulan Puasa

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php