Blog Justian

3 Trik Dasar Memulai Usaha Yang Dimulai Dari Nol

Posted: May 14th 2018

3 Trik Dasar Memulai Usaha Yang Dimulai Dari Nol. Dengan merintis sebuah usaha dari nol bukanlah sesuatu hal yang mudah dan dianggap remeh. Apalagi untuk pemula yang baru saja terjun dalam dunia bisnis usaha atau bahkan yang tidak memiliki modal sama sekali.

Menjalani sebuah usaha dari nol memanglah bukanlah sesatu hal yang mudah. Banyak sekali hal-hal juga beberapa faktor yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak terjerumus dalam kegagalan wirausaha.

Anda harus memulainya dari strategi pemasaran dan menentukan usaha seperti apa yang cocok dan pantas untuk kalian jalani ke depannya. Apabila anda ingin menjalan sebuah usaha dari nol, berikut di bawah adalah beberapa trik yang bisa kalian terapkan, antara lain:

  • Tetapkan sebuah jenis usaha atau ide

Sebelum memulai usaha, pertanyaan paling pertama yang akan muncul di benak adalah usaha seperti apa yang akan kalian jalani. Pada umumnya, pertanyaan seperti ini kerap sekali terlintas di pikiran para wirausahawan mudah. Karena ini memang merupakan kewajiban dan faktor terpenting dalam menentukan jenis usaha seperti apa yang ingin kalian kembangkan nantinya.

  • Tentukan Visi & Misi serta tujuanmu membuka usaha

Didalam setiap usaha pasti terdapat sebuah tujuan bukan? Begitu juga dengan anda yang baru saja merintis ke dunia bisnis. Agar nantinya kamu dapat lebih fokus terhadap misimu dari awal yang bertujuan untuk membangun usaha. Banyak sekali pemula yang harus gagal karena tidak mempunyai tujuan yang jelas.

  • Lakukan Survei Tingkat Persainganmu

Apabila anda telah selesai dengan 2 poin penting di atas tersebut. Maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah mensurvey tingkat persaingan. Hal ini sangatlah penting karena mengingat di Indonesia sudah banyak sekali jenis usaha yang dibuka. Mulai dari usaha kecil hingga usaha berskala besar. Dengan melakukan survey dapat memberikan anda gambaran seberapa efektifnya peluang yang bisa kalian dapatkan dari usaha tersebut.

Itulah ke-3 cara paling dasar yang harus kalian pahami terlebih dahulu sebelum menekuni karir anda di dunia bisnis, khususnya untuk para pemula yang baru saja ingin merintis usaha.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php