Blog Justian

3 Tips Dalam Usaha Bisnis Makanan di Jakarta

Posted: May 14th 2018

3 Tips Dalam Usaha Bisnis Makanan di JakartaDi saat anda sedang ingin menghemat, tentunya anda dapat membatasi membeli keperluan sekunder anda, yaitu seperti pakaian, aksesoris dan barang lainnya. Akan tetapi apabila anda sedang berada di kondisi kelaparan, anda pastinya tidak akan ragu-ragu untuk mengeluarkan berapapun agar tidak merasa kelaparan lagi.

Oleh karena ini tidak heran apabila akhir-akhir ini banyak sekali wirausaha yang memulai bisnisnya dalam usaha makanan. Mulai dari pedagang makanan tradisional yang biasa disebut sebagai pedagang kaki lima sampai pedagang makanan modern dengan istilah restoran atau cafe.

Anda pun bisa mencoba hal yang serupa. Bukan berarti hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sebagai permulaan anda dapat memilih membuka restoran atau sebuah cafe sebagai awal mulanya usaha makanan anda.

Ada baiknya apabila anda memilih yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Agar kalian menjalani usaha tersebut dengan nyaman dan tanpa adanya beban. 1 Hal yang harus kalian hindari adalah dengan membuka usaha karena hanya mengikuti tren yang ada, tanpa memiliki cara dan pengalaman dalam melakukannya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk anda yang baru ingin memulai bisnis makanan di Jakarta, antara lain:

  • Modal Awal Usaha

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menutupi kekurangan modal seperti mencari rekan yang bisa kalian ajak kerjasama ataupuan meminjam ke bank atau koperasi melalui saluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) bagi pelaku UKM.

  • Lokasi Usaha

Pilihlah tempat usaha yang paling banyak dikunjungi dan dilewati oleh banyak orang. Saat anda ingin mencari lokasi usaha, anda juga harus memperhitungkan modal yang ingin dikeluarkan. Jangan sampai modal yang anda gunakan terkuras habis hanya karena ingin membeli atau menyewa tempat usaha. Anda juga dapat melakukan bisnis makanan tanpa harus menggunakan sebuah tempat, kalian cukup menitip produk anda ke tempat mitra anda atau tempat orang yang lebih strategis.

  • Sediakan Menu Andalan

Sebelum anda memulai usaha bisnis makanan, terlebih dahulu anda tahu lebih banyak mengenai makanan apa saja yang telah beredar di pasar. Kemudian pilihlah menu yang masih sangat jarang dijual guna mengurangi tingkat persaingan. Akan tetapi pilihan menu tersebut harus kalian sesuaikan dengan target konsumen.

Itulah ke-3 tips yang dapat kalian terapkan saat sebelum memulai bisnis usaha makanan di Jakarta. Karena di Indonesia sendiri sudah banyak sekali dibuka tempat makanan dimanapun. Oleh karena itu akan lebih baik kalian mensurvey beberapa hal seperti di atas terlebih dahulu.

 

BACA JUGA: Peluang Bisnis & Usaha Yang Memiliki Prospek Menjanjikan di Tahun 2018


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php