Jump Higher!

Review Materi I: IT di Lingkungan Bisnis

Posted: September 8th 2012

Teknologi informasi dan lingkungan bisnis itu seperti Patrick dan Spongebob. Spongebob adalah tokoh utama kartunnya seperti bisnis yang sekarang sudah menguasai dunia (IT juga sih, sebenernya) dan IT adalah teman setia BE (Business Environment) yang membuat BE berjalan lebih lancar dan efektif.

BE jaman sekarang itu perubahannya secepat kelinci yang berlari-lari bertelanjang kaki di atas aspal di tengah hari musim panas(?). Bursa efek yang down selama beberapa detik saja kerugiannya sangat besar. BE juga sangat kompleks alias rumit. Jika elemen-elemen BE masing-masing dihubungkan dengan benang, maka dunia akan seperti diselimuti sarang laba-laba saking rumitnya. Cakupan bisnis jaman sekarang sudah sampai taraf ekonomi dunia sehingga tentu saja persaingan makin gila. Jika anda pikir persaingan masuk PTN itu gila, persaingan dunia bisnis jauh lebih gila lagi! Karena hal itu pula, juga karena konsumen adalah raja, para pelaku bisnis berfokus pada konsumen. Jelas saja, tidak ada konsumen=tidak ada bisnis, bung!

BE itu kasihan. Tekanannya banyak. Untung bukan manusia dia, bisa gila karena terlalu banyak stress. BE dituntut untuk “beranak” atau memproduksi sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil-kecilnya. Nah, tekanan ini yang menuntut BE untuk proaktif dan reaktif (kayak nuklir). Nah disinilah IT si Patrick datang sebagai bentuk respons dari BE.

Tapi sebentar, kita belum tahu tekanan BE itu seperti apa. Bentuknya bisa kompetisi global, baik dalam hal perdagangannya maupun tenaga kerjanya. Dan karena sudah mendunia, perbedaan waktu pun harus diatasi dan harus selalu aktual tajam dan terpercaya atau up to date atau real time, harus lebih mobile, harus lebih mendengarkan maunya konsumen, jangan sampai information overload, harus sesuai sama peraturan pemerintah dan etika sosial, dll. Sudah pusing kepalanya? Jangan dulu. Hahaha.

Kalau diibaratkan, organisasi bisnis itu seperti mahasiswa yang ditekan dalam berbagai arah. Dari orangtua, dari ibu kost, dan dari kampus.  Tahu kan penderitaannya seperti apa?

Tapi terima kasih untuk Patrick IT yang sudah menunjang BE. Berkat IT, ada E-Mobile, E-Commerce, manajemen terstruktur dengan baik dengan storage, dan semua aspek dalam BE ditunjang dengan IT.

Dan ini adalah sistem informasi:

Lalu, saudara-saudari sepenanggungan, dalam sistem informasi ada yang namanya data, informasi, dan pengetahuan(knowledge). Data itu yang mentah, yang baru dikumpulkan tok. Kalau sudah ditata, namanya informasi. Dari informasi itu kita bisa tahu suatu fakta dengan menarik kesimpulan, jadilah knowledge.  Satu lagi, computer literacy yang artinya pengetahuan tentang komputer.

Di komputer sendiri, pacar kita empat tahun kedepan, ada input, processing unit, dan output. Input itu data dari luar yang masuk ke komputer, alat inputnya keyboard, mouse, dll. Processing unit itu otaknya komputer yaitu CPU yang ada di papan ibu alias motherboard. Di motherboard juga ada memori, yg menyimpan data sementara, namanya RAM. Yang tetap atau storage itu harddisk. Output itu hasil input yang sudah diproses, yang alatnya ada monitor, speaker,dll.

Kalau software, dia itu yang memerintahkan komputer harus melakukan apa. Ada System Software (OS dan utility software) dan software aplikasi yang memberi tugas komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Ada desktop PC atau laptop, ada mobile computers & devices. Kalau kategori server, diurutkan dari yg paling murah ke paling mahal, ada midrange servers, mainframe, dan supercomputer.

Terakhir nih, informasi yang berguna itu yang seperti apa? Yang akurat, komplit, fleksibel, dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, sumbernya bisa diacak, dapat diakses, dan aman (tidak terkontaminasi).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php