ToMoDaChi

Wireless and Mobile

Posted: December 1st 2012

Teknologi wireless sudah sangat berkembang. Sekarang kita sudah bisa membawa kemana saja alat wireless, seperti PDA, handphone, smartphone. Dengan bantuan WAP ( Wireless Application Protocol ) semua alat wireless dengan bandwith dan monitor kecil mampu mengakses semua informasi dan servis pada web. Beberapa teknologi transmisi data pada wireless seperti sistem transmisi microwave yang digunakan untuk komunikasi bervolume tinggi dan transmisi satelit yang menggunakan satelit untuk berkomunikasi.

Mobile Computing merupakan koneksi tanpa kabel antara mobile dengan lingkungan komputasi lainnya seperti internet dan intranet. Dua karakteristik yang membedakannya dengan bentuk komputasi lainnya adalah mobility dimana pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem lainnya dimanapun dia berada dan broad reach yang membuat pengguna bisa dicapai dengan cepat ketika pengguna membawa mobile device. M-Commerce merupakan transaksi yang dilakukan di lingkungan wireless terutama melalui internet.

Keamanan pada teknologi wireless menjadi yang paling penting, contoh-contoh ancaman pada kemananan teknologi wireless seperti adanya access points yang tidak diketahui, mencari WLAN dengan berkendara kemana saja, menguping maksudnya pengguna yang tidak diketahui berusaha untuk mengakses data melalui jaringan wireless, dan RF jamming dimana ketika seseorang secara tidak ataupun sengaja menganggu transmisi wireless. Untuk menghindari hal-hal diatas maka ada beberapa solusi seperti mengeblock SSID, mengetahui siapa dan apa yang dilakukan oleh pemakai jaringan, dan juga bisa dengan menggunakan WPA yaitu mengenkripsi transmisi wireless.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php