ToMoDaChi

E-Commerce

Posted: November 21st 2012

E-Commerce adalah proses beli, jual, atau menukarkan produk, servis, dan informasi melalui jaringan komputer, biasanya internet. EC dapat didefinisikan juga kedalam beberapa persepektif seperti komunikasi, proses bisnis, servis, online, kolaborasi dan komunitas. E-Business merupakan definisi yang lebih luas dari EC termasuk tidak hanya membeli dan menjual barang dan servis tetapi juga servis terhadap pelanggan, kolaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam organisasi.

Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur-infrastruktur dan 5 area pendukung yaitu orang, aturan publik, protokol dan standard teknik, rekan bisnis dan servis pendukung. Sebuah EC memerlukan infrastruktur untuk melakukan transaksi, komunikasi dan berkolaborasi. Ada juga Mekanisme pembayaran elektronik seperti Cek Elektronik, Kartu Kredit Elektronik, Cash Elektronik pada PC,dan pembayaran Elektronik dengan E-cash. Keamanan pada EC juga sangat diperlukan karena rentan adanya gangguan dari luar sehingga dibutuhkan seperti Enkripsi, Sertifikat elektronik, SSL dan SET.

Masalah dari sebuah organisasi atau perusahaan contohnya Hotel Raffles untuk memanfaatkan EC adalah kemampuan dari organisasi tersebut untuk memancing pelanggan ke dalam perusahaan atau organisasinya dan kemampuannya untuk menampung biaya. Solusinya adalah dengan membiarkan publik mengetahui isi dari informasi penting pada perusahaan tersebut agar pelanggan tertarik dengan perusahaan tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php