ToMoDaChi

Telecommunication and Network

Posted: November 4th 2012

Secara Umum komunikasi pada komputer adalah proses dimana dua atau lebih komputer atau device mengirimkan data, instruksi dan informasi. Komponen pada Sistem telekomunikasi meliputi hardware, media, jaringan, software, penyedia komunikasi data, protokol dan aplikasi. Sinyal Telekomunikasi ada 2 jenis yaitu sinyal analog dimana sinyalnya berupa sinyal yang secara terus menerus dan di karakteristikkan sebagai amplitudo dan frekuensi sedangkan sinyal digital berupa sinyal yang mudah dimengerti oleh komputer.

Sebuah jaringan terdiri dari 2 jenis yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN), dimana LAN adalah jaringan yang relatif berskala kecil seperti pada rumah atau perkantoran. LAN terdiri dari gateway, bridge dan router. Sedangkan, WAN adalah jaringan berskala besar yang bisa diakses dari mana saja contohnya internet.

Jaringan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan pada masa kini, dengan adanya jaringan komunikasi sebuah perusahaan dapat meningkatkan kualitas dari perusahaannya sendiri. Pesatnya jaringan komunikasi saat ini dapat membuat seseorang yang berada diluar perusahaan bisa dengan cepat dan mudah untuk melakukan komunikasi dengan orang di dalam perusahaan tanpa harus kembali lagi ataupun bolak-balik ke perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaannya di perusahaan. Sehingga dengan tidak adanya jaringan komunikasi yang baik pada perusahaan, maka kemungkinan perusahaan tersebut tidak akan mungkin bisa bertahan dalam dunia persaingan bisnis saat ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php