ilmu untuk kehidupan

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Posted: December 7th 2012

Hai para bloger UJAY hari ini akan menjelaskan tentang wireless, mobile computing dan mobile commerce.

Apa itu wireless?

Perangkat Wireless  cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya. contohnya , yaitu : PDA, cellular phones, smart phones.
beberapa contoh teknologi wireless :
1.Wireless Application Protocol (WAP) Sebuah standart yg mengijinkan perangkat wireless dengan layar yg kecil, koneksi  bandwidth rendah dan memory terbatas bisa mengakses informasi dan layanan berbasis Web.
2.Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas.
3. Pager adalah wirelessa messaging system satu arah; mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk.
WLAN (Wireless Local Area Networks)
WLAN membutuhkan transmitter dengan antena, disebut wireless access point,  yg menghubungkan wired LAN atau antena satellite yg menyediakan koneksi Internet.
beberapa masalah dari wifi :
1.Roaming – User tidak bisa berpindah dari satu hotspot ke hotspot lain jika hotspot menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yg berbeda.
2.Security – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, tidak mudah untuk melindunginya
3.Cost – layanan Wi-Fi komersial murah tapi tidak gratis dan tiap layanan memiliki biaya yg berbeda dan account log in user yg terpisah.
Apa itu Mobile Computing ?
Mobile computing  mengacu pada real-time, koneksi wireless antara perangkat mobile dan computing environments lainnya, seperti Internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utamayg membedakan dari jenis komputasi lainnya.
Apa itu Mobile Commerce ?
M-commerce mengacu kepada transaksi e-commerce (EC) pada lingkungan nirkabel khususnya melalui internet.
4 ancaman utama :
1.Rogue access point adalah unauthorized access point pada jaringan wireless .
2.War driving adalah tindakan mencari akses WLANs sambil mengendari kendaraan.
3.Eavesdropping mengacu pada usaha oleh unauthorized users untuk mengakases data yg sedang “berjalan” melalui jaringan wireless.
4.RF (Radio frequency) jamming adalah ketika seseorang atau sebuah perangkat secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php