Joshuablogs

WIRELESS AND MOBILE

Posted: November 26th 2012

Wireless berarti tanpa kabel.

transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik,  baik jarak pendek (meter) seperti remote control televisi, atau jarak panjang (ribuan atau bahkan jutaan kilometer) untuk ruang-dalam komunikasi radio.

Perangkat wireless berupa alat-alat elektronik yang kecil, mudah digunakan dan dibawa, memiliki kemampuan mengerjakan berbagai tugas, dan dapat tersambung secara nirkabel dengan Internet maupun perangkat lainnya. Contoh Perangkat wireless adalah handphone, tablet, dan lain-lain.

STANDAR DALAM WIRELESS COMPUTER NETWORK

Beberapa standar yang bisa digunakan dalam wireless computer network:

IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).

IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)

IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)

IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

MOBILE COMPUTING & MOBILE COMMERCE

Mobile computing memiliki dua karakteristik, yang pertama adalah mobility. Dapat  dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk berkomunikasi. Kedua adalah broad reach, yaitu jangkauannya yang luas, pengguna dapat menjangkau jaringannya dimana saja.

Dindalam mobile computing terdapat Mobile Commerce , yaitu e commerce yang dilakukan dalam jangkauan mobile.  Merupakan e-commerce yang dapat diakses dengan handphone dan peralatan sejenis.

Ada beberapa Aplikasi Mobile Commerce, yaitu :

-Financial Services

-Mobile Banking

-Wireless Electronic Payment Systems

-Micropayments

-Mobile (Wireless) Wallets

-Wireless Bill Payments

Untuk menghindari berbagai ancaman dalam wireless kita dapa melakukan hal-hal berikut. Pertama adalah mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler, kedua adalah memblokir SSID yang ada, ketiga mengenkripsi transmisi nirkabel dengan Wi-Fi Protected Access (WPA). Kita akan tahu siapa yang menggunakan jaringan kita dan apa yang mereka lakukan di atasnya ketika kita melakukan hal-hal tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php