Joshuablogs

Functional, Enterprise, and Interorganizational System

Posted: November 26th 2012

Sistem Informasi yang mendukung transaksi inti rutin disebut sebagai Transaction Processing System.

Tujuan utama TPS adalah menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh hukum, pihak menajemen, dan/atau kebijakan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan berjalan dengan baik serta efisien.

Transaction Processing Systems (TPS) dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi. TPS memiliki beberapa tugas, diantaranya yaitu memproses order, sebagai general ledger, mengelola hutang piutang,memanagement daftar-daftar barang, serta laporan dan pernyataan berkala. Metode proses transaksi dapat dilakukan dengan batch processing, online processing, dan hybrid processing.

 Sistem informasi Interorganizational adalah suatu sistem elektronik yang berisi beragam informasi yang melingkup antara beberapa organisasi yang terhubung. Tujuan dari IOS adalah terjadinya proses transaksi yang efisien. IOSs dapat diimplementasikan dengan Swasta, jaringan pihak ketiga (nilai tambah jaringan) atau Diakses oleh jaringan public (internet). Tipe dari Interorganizational Systems adalah Sistem global, Electronic data interchange (EDI), Electronic funds transfer (EFT), Extranets, Shared databases serta Integrated messaging. Sistem ini mempunyai keunggulan yaitu proses transaksi menjadi lebih efisien.

Tugas TPS :

Р Pemrosesan Order.

– Bertugas sebagai General ledger / buku besar.

– Mengelola hutang dan piutang.

-Manajemen persediaan , pengiriman dan penerimaan barang.

– Menangani penggajian.

– Menyediakan laporan periodik.

Jenis Sistem interorganisasional

  • Global sistem
  • Electronic data interchange (EDI)
  • Electronic funds transfer (EFT)
  • Extranet s
  • Shared databases
  • Integrated messaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php