Joshuablogs

Internet, Intranet, Extranet

Posted: November 12th 2012
  • Internet adalah jaringan besar yang mwnghubungkan jaringan komputer dari bisnis organisasi lembaga pemerintah dan instansi lainnya diseluruh dunia dengan cepat langsung dan hemat.

Alamat d Internet 

setiap komputer di Internet memiliki alamat yang ditetapkan, yang disebut alamat IP ( Internet Protocol Address ) yang secara khusus mengindentifikasinya dari komputer lainnya. alamat IP terdiri dari angka-angka, dalam empat bagian, dan dipisahkan dengan titik. Misalnya, alamat IP Untuk suatu komputer adalah 135.62.128.91

WORLD WIDE WEB

sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, menelusuri,memformat, dan menampilkan informasi melalui arsiktektur client/ server : menggunakan fungsi-fungsi transfor dari Internet

web adalah sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, menelusuri, memformat dan menampilkan informasi melalui arsitektur client/server. web didasari oleh bahasa Hiperteks standar yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan di web, yang memformat document dan memadukan link Hiperteks dinamis ke dokumen-dokumen lainnya yang disimpan di dalam komputer.

Pengguna umumnya mengakses WEB melalui aplikasi peranti lunak yang disebut browser(penjelajah). Browser menyediakan tampilan grafis yang memungkinkan pengguna untuk menunjuk dan mengklik bagian yg diinginkanya di Web, proses ini di sebur berselancar.

  • Intranet adalah jaringan privat yang menggunakan peranti lunak internet dan protokal TCP/IP. Aplikasi yang paling umum pada Intranet adalah untuk prosedur,dan untuk sumber daya manusia. aplikasi intranet mencakup kebijakan dan prosedur sumber daya manusia, dokumen bersama, direktorit telepon, program pelatihan, mesin pencari, dasis data belanda, katalog produk dan katalog pekerja, group ware, data pelanggan, pengiriman dokumen, serta gudang data dan akses pendukung keputusan. Keamanan kunci publik, Fire wall dan jalur pipa yang pasti, digunakan untuk kenyamanan internet.
  • Extranet adalah Extranet  adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
    Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php