Joshuablogs

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Posted: November 5th 2012

Sistem Telekomunikasi adalah gabungan dari peranti keras dan peranti lunak yang mentransmisikan informasi(teks, data, grafik, dan suara).

Komponen-komponen utama dari sistem telekomunikasi adalah sebagai berikut :

  • Peranti Keras, semua jenis komputer (PC, Server, mainframe) dan prosesor komunikasi (modem atau pad/tablet) yang dikhususkan untuk komunikasi saja).
  • Media Komunikasi, media fisik dimana sinyal elektronik ditransmisikan, termasuk media nirkabel (digunakan satelit serta telepon seluler).
  • Jaringan Komunikasi, link antar komputer dan peralatan komunikasi.
  • Peranti Lunak Komunikasi, peranti lunak yang mengendalikan sistem telkomunikasi serta layanan komunikasi data.
  • Penyedia Komunikasi Data, Utilitas pemerintah atau perusahaan swasta yang menyediakan layanan komunikasi data.
  • Protokol Komunikasi, berbagai aturan untuk mentransmisikan informasi di lintas sistem.
  • Aplikasi Komunikasi, pertukaran data elektronik (EDI), telekonferensi, konferensi, video, e-mail, faksimile, transfer dana elektronik, dll.

Saluran Media dan Media Komunikasi.

agar data dapat dikomunikasikan dari satu lokasi ke lokasi lainnya, harus digunakan beberapa bentuk jalur atau media. Jalur ini disebut  sebagai saluran komunikasi. Saluran komunikasi dalam  dua jenis media dapat di tunjukkan dengan media kabel (kabel ganda ulir/twisted-pair, kabel koaksial, serat optik) dan media broadcast ( gelombang mikro, satelit, radio, radio seluler, inframerah)

  • Media Kabel, menggunakan sambungan atau kabel fisik untuk mentransmisikan data serta informasi.
  • Gelombang Mikro, perhatikan diarahkan pada media broadcast atau nirkabel, yang telah banyak memperluas penawaran telekomunikasi.
  • Satelit, seperti dalam transmisi gelombang mikro, satelit harus menerima dan mentransmisikan data melalui jalur lurus.

Kecepatan Transmisi.

Bandwith merupakan kisaran frekuensi yang tersedia dalam saluran komunikasi dan yang dinyatakan dalam bit per detik. Bandwith merajuk pada kisaran frekuensi yang tersedia dalam saluran komunikasi. Bandwith adalah konsep yang sangat penting dalam komunikasi karenas kapasitas transmisi saluran (yang dinyatakan dalam bit per detik atau bit per second-bps) sangat tergantung pada bandwith. Secara umum, makin besar bandwith maka makin besar kapasitas salurannya.

Jaringan Komputer merupakan sistem yang menghubungkan media komunikasi, peranti keras, dan peranti lunak yang dibutuhkan oleh dua atau lebih sistem atau peralatan. Jaringan menyediakan sejumlah layanan yang didesain untuk memungkinkan transmisi data yang cepat, akurat, dan bervolume tinggi melalui jaringan jenis apapun.

Saluran Switched dan Terdedikasi.

Saluran Switched, saluran telepon tempat transmisi data dapat diteruskan atau digantikan ke tujuannya, sedangkan saluran terdedikasi, saluran telepon yang menyediakan koneksi konstan antara dua peralatan dan tidak membutuhkan switch atau dial.

Integrated Services Digital Network (ISDN).

adalah teknologi berkecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna mentransfer suara, video, gambar, dan data secara bersamaan, melalui saluran telepon yang telah ada. Generasi kedua ISDN adalah broadband ISDN (BISDN), yang menyediakan saluran transmisi yang dapat mendukung tingkat transmisi lebih besar daripada ISDN tingkat primer.

Digital Subscribe Line (DSL).

adalah teknologi transmisi data digital berkecepatan tinggi yang menggunakan saluran telepon analog yang sudah ada.

Jenis-jenis jaringan komputer :

  • LAN (Local Area Network), jaringan yang menghubungkan berbagai peralatan komunikasi  dalam area geografis terbatas (satu gedung) hingga tiap peralatan pengguna di jaringan dapat berkomunikasi dengan masing masing peralatan lainnya. Topologi merupakan tata letak fisik dan koneksivitas jaringan.
  • WAN (Wide Area Network), jaringan yang biasanya disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum dan yang meliputi area geografis luas. Umumnya jaringan ini disediakan oleh perusahaan penyedia biasa. Beberapa WAn berupa jaringan komersial yang di regulasi, sementara lainnya dimiliki secara privat, biasanya oleh berbagai perusahaan besar yang dapat menanggung biayanya. Akan tetapi, beberapa WAN bersifat “publik” dalam hal menajemen, sumber daya, dan aksesnya. Salah satu WAN publik adalah internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php