Joshuablogs

Perangkat Keras Komputer

Posted: September 24th 2012

Perangkat Keras, merujuk pada perlengkapan fisik yang digunakan untuk memasukkan, memproses, menghasilkan, dan melakukan aktivitas penyimpanan.

Sistem komputer saat ini memiliki enam komponen utama :

  1. Central Peocessing Unit (CPU), Memanipulasi data dan mengendalikan berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh berbagai komponen lainnya.
  2. Penyimpanan Primer, Berada didalam CPU; menyimpan data dan instruksi program secara temporer selama pemrosesan.
  3. Penyimpanan Sekunder, Berada  di luar CPU; menyimpan data dan program untuk digunakan di masa mendatang.
  4. Teknologi Input, Menerima data dan isntruksi serta mengoversinya ke dalam suatu bentuk yang dapat di pahami oleh komputer.
  5. Teknologi Output, Menyajikan data dan informasi dalam bentuk yang dapat dipahami orang.
  6. Teknologi Komunikasi, Menyediakan aliran data dari jaringan komputer eksternal (contohnya, internet dan intranet) ke CPU, dab dari CPU ke berbagai jaringa komputer.

CPU terbuat dari unit logika aritmetik yang melakukan perhitungan, register, yang menyimpan sejumlah kecil data dan perintah segera sebelum serta setelah pemrosesan, dan unit pengendali yang mengendalikan aliran informasi ke chip mikroprosesor. Setelah pemrosesan, data serta perintah dalam bentuk aslinya dikirimkan kembali ke sebuah tempat penyimpanan di luar chip.

Terdapat empat jenis penyimpanan primer, yaitu : register, Random Access Memory (RAM), memori cache, dan read-only memory (ROM). Penyimpanan sekunder meliputi media magnetis (pita, hard drive, dan disket) serta media optis (CD-ROM, DVD, FMD-ROM, dan jukebox optis).

Teknologi input data oleh manusia meliputi keyboard, mouse, mouse optik, trackball, papan sentuh, stylus, dan sistem pengenal suara. Peralatan input otomatis adalah ATM, terminal POS, pemindai barcode, pembaca tanda optis, pembaca karakter bertinta magnetis, alat pembaca karakter optis, sensor, kamera, dan tampilan pemindai retina. Teknologi output yang umum meliputi berbagai jenis monitor, printer impact, dan non impact, plotter, serta uotput suara.

Hirarki Komputer menurut Kekuatan dan Perannya Masing-masing.

  • Superkomputer adalah komputer yang paling canggih dan didesain untuk menangani kebutuhan komputasional maksimum dalam keilmuan serta militer.
  • Mainframe tidak sekuat superkomputer, tetapi cukup kuat untuk digunakan oleh perusahaan besar dalam pemrosesan data terpusat serta basis data besar.
  • Minikomputer adalah versi mainframe yang lebih kecil dan lebih lemah, hingga sering kali digunakan untuk menangani subsistem tertentu.
  • Workstation berada di antara minikomputer dengan PC dalam hal kecepatan, kapasitas, serta kemampuan grafisnya.
  • PC desktop adalah komputer personal dan bisnis yang paling umum.
  • Komputer jaringan memiliki lebih sedikit daya komputasi serta penyimpanan, serta tergantung pada koneksi ke suatu jaringan untuk sumber daya komunikasi, data, pemrosesan dan sumber daya peyimpanan.

Komputer laptop atau notebook adalah PC yang kecil, dan mudah di bawa. PDA serta telepon seluler yang berhubungan dengan internet adalah contoh dari mikrokomputer genggam yang biasanya di konfigurasikan untuk aplikasi khusus serta terbatas dalam beberapa cara komputer tersebut dapat menerima masukan pengguna dan memberi hasil. Komputer yang dapat membebaskan pergerakan para pemakainya. Komputer yang melekat ditempatkan di dalam produka lainnya untuk menambah fitur serta kemampuan. Para karyawan dapat memakai emblem aktif sebagai kartu ID. Kancing memori menyimpan basis data kecil berkaitan dengan apa saja yang di letakkan padanya. Kartu pintar berisi prosesor kecil, memori, dan peralatan input atau output yang memungkinkan mereka digunakan untuk identifikasi personal dan transaksi keuangan. Label RFID dapat mengirim atau menerima sejumlah besar informasi tanpa harus melihat barangnya.

Sistem Komputer Multimedia mengintegrasikan dua atau lebih jenis media, seperti teks, gambar, suara, dan video serta animasi bergerak. Sistem ini menggunakan berbagai jenis teknologi input dan output, seringkali meliputi mikrofon, instrumen musik, digitizer, CD-ROM, pita magnetis, dan pengeras suara. Sistem multimedia biasanya membutuhkan pemrosesan tambahan dan kapasitas penyimpanan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php